Film Dokumenter dari Aceh Terpilih Sebagai yang Terbaik di FFI 2021

Sineas Aceh
Sumber :
  • ist

VIVA – Film dokumenter Three Faces In The Land Of Sharia besutan sutradara asal Aceh, Davi Adullah, meraih anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2021 untuk kategori film dokumenter pendek terbaik.

Film Petulangan Sherina 2 Hingga Sewu Dino, Jadi Top 3 Box Office Indonesia Sepanjang 2023

Film itu menceritakan tentang tentang kondisi sosial masyarakat di daerah Syariah. Sang sutradara, Davi menceritakan, semasa produksi penuh tantangan dan memakan waktu cukup lama. 

”Tidak mudah untuk membuat film yang bagus. Butuh perjuangan yang besar, banyak energi dan waktu serta konsisten tim yang harus kuat,” kata Davi kepada VIVA, Selasa 10 November 2021.

Sebelum Sabet Piala Citra, Prilly Latuconsina Curhat Pernah Dicap Alay

Piala Citra 2017

Photo :
  • Dokumentasi FFI 2017

Menurut Davi, Film dokumenter Three Faces in the Land of Sharia ini lebih menekankan pada kritik kalangan minoritas terhadap implementasi hukum syariat di provinsi yang kerap disebut Bumi Serambi Mekah tersebut. Film ini juga menyorot tentang pendapat minoritas terkait hukum cambuk dan hukum rajam bagi pelanggar Qanun Jinayah di Aceh.

Raih Penghargaan FFI 2023, Rachel Vennya Ingat Titik Terendah Dalam Hidupnya

Adapun produksi film dilakukan secara independen dan butuh waktu sekitar tiga tahun.

“Lumayan lama buat film tersebut, dan membutuhkam biaya yang besar juga,” ujarb sang Director of Photography film, Fadil Batubara. 

Alhamdullilah berkat dukungan semua pihak di Aceh, sehingga film karya anak Aceh bisa menjadi pemenang anugerah tertinggi perfilman di Indonesia. Ini sebuah kebanggaan kita semua, khususnya para film maker di Aceh,” sambung Fadil. 

Sementara tim produksi, Takziyatun Nufus mengatakan, proses tahap demi tahap untuk mengikuti proses kurasi untuk dalam gelaran bergengsi seperti FFI. Dari sekian banyak film yang mengikuti anugerah Piala Citra, terpilih lima nominasi, termasuk film Three Face In The Land Of Sharia. Lalu Selasa malam, diumumkan sebagai penerima Piala Citra kategori film dokumenter pendek 2021 dan puncak acara itu turut dihadiri Presiden Joko Widodo.

Seorang terpidana kasus pelanggaran syariat Islam menjalani hukuman cambuk di Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh, Jumat, 1 Oktober 2021.

Photo :
  • ANTARA/Suprian

“Kita melihat peluang yang ada dan tahun ini FFI membuka pendaftaran untuk film yang juga di tayangkan di media baru, sehingga saya dan tim menyambut kesempatan itu, Alhamdulillah terpilih sebagai pemenang,” kata Nufus. 

Film Three Faces in the Land of Sharia digarap oleh sang sutradara, Davi Abdullah, lalu ada Produser, Masridho Rambey serta DOP Fadil Batubara. Selain menyutradarai, Davi juga berprofesi sebagai jurnalis dan masih tercatat dalam keanggotaannya di organisasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh. 

Mereka beserta sejumlah kru lainnya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu sehingga memperoleh Piala Citra dalam kategori film dokumenter pendek terbaik tahun 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya