Garin Nugroho Puji Sabda Alam, Video Musik Animasi Garapan Siswa SMK

Video Animasi Sabda Alam
Sumber :
  • ist

VIVA – Garin Nugroho sudah melihat dan menghasilkan banyak karya dalam industri perfilman. Kali ini, Garin Nugroho memuji video musik animasi berjudul Sabda Alam

Imbas Kematian Siswa Diduga Dianiaya, Kepala Sekolah SMKN 1 Nias Selatan Dibebastugaskan

Sabda Alam merupakan garapan para siswa SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus. Garin Nugroho merasa video animasi itu berada di tingkat lain dari yang bisa dibuat oleh anak-anak seusia mereka.

"Saya sudah lihat beberapa karya hasil SMK RUS. Animasi Sabda Alam ini luar biasa sekali untuk sekelas anak-anak SMK membuat animasi sebagus ini," kata Garin Nugroho.

Siswa SMKN 1 Nias Selatan Tewas Diduga Karena Dianiaya Kepala Sekolah, Ini Kata Disdik Sumut

Garin Nugroho

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Sabda Alam lahir dari keprihatinan para siswa SMK RUS terhadap burung-burung endemik di Indonesia dua diantaranya Jalak Bali dan Ekek Geling Jawa, yang keberadaannya makin terancam punah. Sama halnya dengan Kakatua Kecil Jambul Kuning dan Rangkong Gading, burung-burung ini masuk dalam status kritis (critically endangered) berdasarkan Daftar Merah Jenis Terancam Punah dari Badan Konservasi Dunia (IUCN Red List). 

Tewasnya Siswa SMK di Nias Selatan Diduga Dipukul Kepala Sekolah

Video musik animasi ini diiringi lagu Sabda Alam ciptaan almarhum Chrisye dan Junaedi Salat yang diaransemen kembali oleh Tohpati. SMK binaan Djarum Foundation ini juga berkolaborasi dengan sederet penyanyi Tanah Air, untuk melengkapi keindahan visual yang disuguhkan. Mereka adalah Eva Celia, Fadly Padi, Mario Ginanjar, Mytha Lestari dan Leisha Kaligis yang mengisi karakter suara burung-burung di video tersebut. 

Sejak diunggah pada 12 September 2021 di kanal Youtube RUS Animation Studio, video berdurasi 4 menit 32 detik ini telah disaksikan lebih dari tiga juta penonton. Penonton terpukau bukan hanya karena kualitas animasinya yang berkaliber internasional, Sabda Alam juga memiliki cerita dan makna yang disampaikan untuk mengajak masyarakat untuk turut melestarikan ekosistem alam.

Video Animasi Sabda Alam

Photo :
  • ist

Video ini juga diputar pada Balinale International Film Festival 2021. Pujian bukan hanya datang dari Garin Nugroho, tapi juga Renee Thorpe yang merupakan seorang jurnalis serta Pascal Philippe, penikmat film asal Perancis. Keduanya sepakat, hasil karya siswa SMK RUS Kudus sangat berkualitas dan layak bersaing dengan hasil animator-animator profesional.

"Karya ini sangat menarik dari segi animasi maupun tema cerita yang diangkat. Pesan tersirat yang ingin disampaikan terwakili oleh berbagai elemen, mulai dari musik, lirik, dan gambar yang menjadi kesatuan yang utuh," puji Renee usai menyaksikan Sabda Alam.

"Saya rasa karya para siswa SMK RUS Kudus sangat luar biasa dan dapat membangkitkan ekonomi kreatif di Indonesia. Akan baik jika ada pertukaran pelajar dari SMK RUS dengan siswa di sekolah Perancis agar menambah insight skill mereka. Ini adalah awal yang menarik untuk mereka berkarya di industri animasi," kata Philippe di kesempatan yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya