Kisah Mencekam Film 'Songbird', Saat COVID-19 Bermutasi Jadi COVID-23

Film Songbird
Sumber :
  • IG @songbirdfilm

VIVA – Situasi mencekam dan menegangkan yang pernah dialami kala dunia dilanda kondisi darurat pandemi COVID-19 seakan masih melekat dalam benak kita semua. Sungguh tak pernah terbayangkan oleh siapapun.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Keadaan yang memaksa setiap orang untuk melaksanakan protokol kesehatan dan kekarantinaan pun seolah menjadi masa-masa paling menakutkan akan risiko terinfeksi wabah virus corona itu.

Latar belakang hal itu pula yang menjadi benang merah dan plot dari film thriller fiksi ilmiah dystopian berjudul "Songbird" garapan sutradara Adam Mason dan penulis skenario Simon Boyes.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Dengan menggandeng produser sekelas Michael Bay, film ini pun menghadirkan deretan bintang top sebagai pemerannya antara lain adalah KJ Apa, Sofia Carson, Craig Robinson, Bradley Whitford, Peter Stormare, Alexandra Daddario, Paul Walter Hauser hingga aktris kawakan Demi Moore.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Proyek ini diumumkan pada Mei 2020, dengan penulis skenario Adam Mason dan Simon Boyes telah mengemukakan gagasan tersebut pada bulan Maret, tak lama setelah pandemi menghentikan semua produksi film.

Para pemain bergabung pada bulan Juni, dan syuting berlangsung di sekitar Los Angeles selama bulan Juli dan Agustus. Itu adalah film pertama yang diproduksi setelah penutupan produksi film.

Berkisah menceritakan dengan latar tahun 2024, virus COVID-19 telah bermutasi menjadi COVID-23 dan dunia memasuki tahun pandemi keempat di Amerika Serikat.

Semua warga setiap hari diharuskan untuk melakukan pemeriksaan suhu di ponsel mereka, dan bagi yang ternyata dinyatakan telah terinfeksi COVID-23 diambil dari rumah mereka.

Mereka akan dipaksa masuk ke kamp karantina yang dikenal sebagai "Zona-Q" atau kamp konsentrasi, di mana beberapa dari mereka dinyatakan terinfeksi melawan pembatasan tersebut dengan brutal. Di kamp-kamp ini, yang terinfeksi dibiarkan mati atau dipaksa sembuh.

Nico (K.J Apa) yang telah kebal dari pathogen mematikan, menemukan harapan dan cinta dengan Sara (Sofia Carson).
Ketika Sara terdeteksi memiliki virus di tubuhnya, Nico berpacu mati-matian melintasi jalanan Los Angeles untuk mencari satu-satunya hal yang dapat menyelematkannya dari karantina.

Secara umum, film ini memang langsung hendak menyajikan 'to the point' pada tujuan dan sasaran dari cerita tersebut, dengan visualisasi yang seakan mengajak penonton masuk dalam suasana 'lockdown' yang cukup mencekam.

Penonton juga seolah dibuat ikut merasakan kembali apa yang pernah kita alami saat puncak-puncaknya penyebaran wabah virus COVID-19 dengan sejumlah adegan yang sangat relevan pernah dilakukan selama pandemi ini.

Songbird telah dirilis melalui video premium on demand pada 11 Desember 2020 lalu oleh STX Films, dan bakal segera hadir tayang di bioskop Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya