8 Film Perjuangan Melawan Kekerasan Seksual, Nomor 4 dari Korea

Ilustrasi pelecehan seksual pada pria/kekerasan.
Sumber :
  • Pexels/RODNAE Productions

VIVA – Permasalahan mengenai kekerasan seksual seolah-olah tidak menemui titik terang. Terbaru, kasus yang menimpa NWR, ia bunuh diri karena tekanan mental dan depresi. Seperti yang kita ketahui NWR tengah mengandung anak Bripda Randy, salah seorang anggota Polres Pasuruan, Jawa Timur. NWR bunuh diri usai dipaksa untuk mengugurkan kandungannya dengan cara menenggak racun.

Kumpulan Kata-kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Kartini

Meskipun kasus tersebut sudah ditangani oleh pihak kepolisian dan Bripda Randy sudah dijadikan tersangka, tapi semua orang tetap satu pendapat bahwa kekerasan seksual harus dilawan dari dinamika sosial yang ada saat ini. Untuk itu, berikut adalah beberapa film yang menjelaskan tentang perjuangan dalam melawan kekerasan seksual yang kerap terjadi belakangan ini.

Lantas, Apa Saja Film Perjuangan Melawan Kekerasan Seksual?

Nayla Purnama Jadi Peran Utama di Film Horor Vina: Sebelum 7 Hari, Diangkat dari Kisah Nyata Viral

1. The Last House on The Left

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

Film perjuangan melawan kekerasan seksual ini mengikuti kisah perjuangan sepasang suami istri yang memiliki anak. Suatu ketika, anak mereka tidak kunjung pulang. Sebagai orang tua tentu mereka sangat panik dan kebingungan ke mana anaknya tersebut pergi.

Akhirnya, anak mereka pulang, tapi dalam keadaan yang begitu mengenaskan. Tubuhnya dipenuhi dengan luka dan dinodai oleh seseorang yang tidak dikenal. Bersamaan dengan itu, datang juga sekelompok orang yang membutuhkan pertolongan. Film ini tentunya akan sangat menguras emosi dan layak untuk ditonton oleh kamu yang ingin melawan kekerasan seksual.

2. Revenge

Film asal Prancis yang tayang pada tahun 2017 ini menceritakan kisah seorang perempuan asal Amerika yang bernama Jennifer. Ia menjadi selingkuhan dari tetangganya yang telah mempunyai istri. Jennifer dan selingkuhannya yang bernama Richard kemudian terbang ke sebuah rumah terpencil milik Richard.

Tempat tersebut berada di tengah gurun untuk berburu bersama temannya yang bernama Stan dan Dimitri. Singkat cerita, Jennifer kemudian diperkosa oleh teman dari Richard. Ia kemudian berjuang untuk bisa keluar dari tempat tersebut sampai akhirnya Jennifer bisa membalaskan dendamnya karena perbuatan tersebut.

3. No Mercy

Ini adalah sebuah film mengenai kekerasan seksual yang berasal dari Korea Selatan. Film yang tayang tahun 2019 ini menceritakan kisah seorang kakak yang mempunyai adik berkebutuhan khusus. Adiknya tersebut sudah menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang pria. Ia pun tidak terima atas perbuatan bejat yang dilakukan oleh pria tersebut. Alhasil ia menusuk pria tersebut sampai dirinya dijebloskan ke dalam penjara.

4. Bombshell

Bombshell dirilis sejak tahun 2019 silam dan disutradarai oleh Jay Roach. Film tentang kekerasan seksual ini dibintangi oleh Charlize Theron, Nicole Kidman, dan Margot Robbie. Bombshell mengikuti kisah nyata para wanita Fox News yang memperlihatkan CEO Roger Ailes karena pelecehan seksual.

5. Unbelievable

Ini merupakan sebuah series dari kasus pemerkosaan yang ada di salah satu negara bagian di Amerika Serikat. Film yang diangkat dari kisah nyata ini menceritakan mengenai seorang remaja yang dituduh berbohong mengenai kasus pemerkosaannya. Alhasil dua orang detektif yang menyelidiki kasus tersebut mencoba untuk mencari tahu fakta lain dan kebenaran yang ada.

6. The Assistant

The Assistant mengikuti kisah kehidupan seorang asisten junior yang bernama Jane (Julia Garner). Ia mesti melakukan kehidupan pekerjaan yang begitu-begitu saja dan monoton. Seiring berjalannya waktu, bos di kantornya kemudian diberitakan sudah berhubungan badan dengan beberapa perempuan muda dan juga memfasilitasi budaya pelecehan seksual di kantor tersebut.

7. An Open Secret

Bukan hanya seorang perempuan, ternyata laki-laki juga bisa menjadi korban pelecehan seksual. Hal ini dibuktikan oleh film dokumenter yang berjudul An Open Secret yang menceritakan kisah seorang mantan artis remaja pada masa lalunya.

Ketika itu, ia harus menjadi pemuas nafsu para produser dan orang-orang penting lain di Hollywood. Hal ini kerap dibahas dalam berbagai obrolan, tapi tak banyak artis yang mau bersuara mengenai permasalahan tersebut. Selain itu, dokumenter ini juga pernah dibatasi peredarannya hanya di lingkungan Hollywood.

8. I Spit on Your Grave

Film ini menceritakan mengenai salah seorang wanita yang diperkosa secara bersama-sama dan kemudian membalaskan dendamnya kepada para pelaku. Korban yang bernama Jennifer kemudian memata-matai para pelaku pemerkosaan dan mempelajari rutinitas dari pelaku sampai merencanakan balas dendam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya