10 Rekomendasi Film Tentang Ibu Bikin Haru Wajib Ditonton

Film Menunggu Bunda
Sumber :
  • IG @falcon_pictures

VIVA – Hari ini merupakan Hari Ibu yang dirayakan setiap 22 Desember. Ibu adalah sosok malaikat tanpa sayap yang selalu ada untuk kita. Rekomendasi film tentang Ibu ini sangat cocok untuk ditonton. Ceritanya yang relate di kehidupan, dan juga bercerita tentang sosok ibu yang kuat. Dengan menonton film ini akan menyadarkan kita bahwa dibalik senyumnya ibu ada hal yang ditutupi olehnya agar anak-anaknya tak mengetahui kesedihannya. Berikut daftar film Indonesia dan Korea tentang ibu.

Bikin Resah Masyarakat Madura, 3 Konten Kreator Film Guru Tugas Ditahan

1. Ibu Maafkan Aku

Film Ibu Maafkan Aku

Photo :
  • montasefilm.com
Beda dengan Sule, Ekspresi Wajah Keluarga Mahalini Saat Prosesi Tarik Bakak Ayam Jadi Sorotan

Ibu Maafkan Aku merupakan film drama yang dirilis pada 10 November 2016 yang disutradarai oleh Amin Ishaq. Film ini dibintangi oleh Christine Hakim, Ade Firman Hakim, dan Meriza Febriani. Film Ibu Maafkan Aku bercerita tentang Hartini (Christine Hakim) yang menjadi ibu tunggal setelah suaminya meninggal. Dia merawat ketiga anaknya, yang masing-masing masih bersekolah SD hingga SMA. Untuk bisa terus bertahan hidup dan menjamin pendidikan anak-anaknya, Hartini bekerja sebagai pemecah batu kali. Ketiga anaknya, yaitu Banyu (SMA), Gendis (SMA), dan Satrio (SD).

2. Aku Ingin Ibu Pulang

Kemenhub Siapkan Sanksi untuk Pejabatnya yang Goda-Ajak YouTuber Korsel ke Hotel

Aku Ingin Ibu Pulang

Photo :
  • SRN Production

Aku Ingin Ibu Pulang adalah film Indonesia yang dirilis tahun 2016 karya Monty Tiwa. Film ini dibintangi oleh Nirina Zubir, Teuku Rifnu Wikana, dan Jefan Nathanio. Aku Ingin Ibu Pulang menjadi debut presenter Andy F. Noya di layar lebar. Film Aku Ingin Ibu Pulang bercerita tentang sebuah keluarga sederhana dan bahagia. Keluarga tersebut terdiri dari seorang anak laki-laki tampan bernama Jempol. Ia memiliki orang tua yang sangat menyayanginya, yaitu Bagus ( Teuko Rifnu Wikana ) dan ibunya bernama Satri (Nirina Zubir).

3. Menunggu Bunda

Film Menunggu Bunda

Photo :
  • IG @falcon_pictures

KlikFilm akan menutup 2021 dengan merilis tiga film di platform mereka, salah satunya adalah film Menunggu Bunda.  Menunggu Bunda adalah film karya Richard Oh yang dibintangi oleh Donny Damara, Putri Ayudya, Rey Mbayang, Adinda Thomas dan Steffi Zamora. Film Menunggu Bunda bercerita tentang seorang wanita bernama Yenny, yang memilih menjadi ibu dari anak angkatnya yaitu Andra, Alya dan Alma. Suatu ketika Yenny terbaring sakit di rumah sakit, dan perlahan menyadarkan anak-anaknya bahwa mereka kurang mengenal sang bunda.

4. Susah Sinyal

Susah Sinyal.

Photo :
  • Susah Sinyal

Film Susah Sinyal dirilis pada 21 Desember 2017. Film Indonesia ini sangat cocok ditonton oleh ibu dan anak di era milenial ini. Film ini megajarkan bahwa hubungan ibu dan anak tidak bisa dinilai oleh uang. Sang ibu yang merupakan single mom. Ia seorang pekerja kantoran yang hampir tidak memiliki waktu untuk bersama dengan anaknya. Namun, ketika sedang berlibur dengan anaknya, ternyata ada sebuah kejutan konflik yang membuat hubungan antara mereka semakin dekat.

5. Film Athirah 

Film Athirah, salah satu yang diputar di Jepang

Photo :
  • Miles Film

Film ini diangkat dari novel karya Alberthiene Endah yang berjudul sama. Berkisah tentang seorang perempuan Bugis bernama Athirah, yang tak lain adalah ibu dari mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Film yang dirilis pada tahun 2016 ini berhasil mengantongi banyak penghargaan dalam ajang Festival Film Indonesia, di antaranya untuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik. Film Athirah disutradarai oleh Riri Riza dan dibintangi oleh Cut Mini, Christoffer Newlan, Tika Bravani, serta Indah Permata Sari. Premis film ini tentang drama pernikahan, yang merupakan salah satu isu populer di era modern.

Film ini menceritakan Athirah, perempuan asli Bugis, Makassar yang gigih berjuang demi keluarganya. Athirah menikah dengan Puang Aji dan menjalani kehidupan pernikahan yang harmonis dan bahagia. Mereka memutuskan pindah dari Bone ke Makassar untuk menjalankan bisnis keluarga dari nol hingga kemudian sukses besar. Cobaan pernikahan Athirah dimulai disaat suaminya mulai melirik wanita lain. Bahkan tanpa diketahui Athirah, suaminya menikah lagi dengan wanita lain. Namun, Athirah tidak bisa melarang perbuatan suaminya karena pada tahun 1950-an, poligami masih menjadi budaya lazim bagi masyarakat di daerahnya.

6. Angry Mom

Drakor Angry Mom

Photo :
  • Dok.imdb

Film Angry Mom ini bercerita tentang Jo Gang-Hee yang diperankan oleh Kim Hee-Seon yang dulunya ketika sekolah terkenal akan keberaniannya. Ia pun melahirkan seorang putri bernama A-Ran yang diperankan oleh Kim You-Jung. Kim Hee Seon memiliki anak remaja yang masih SMA. Ia mengetahui bahwa putrinya menjadi korban bully. Ia kemudian menyamar menjadi siswi sekolah agar dapat melindungi putrinya dari perlakuan tidak adil teman-temannya.

7. Mother

Film Mother (2009).

Photo :
  • U-Report

Drama Korea Mother merupakan serial bergenre melodrama yang berbalut adegan menegangkan. Mother merupakan drama Korea terbaik 2018 yang meraih penghargaan dari Baeksang Arts Awards. Mother merupakan garapan ulang atau remake dari serial TV Jepang yang berjudul sama yang tayang pada 2010 lalu.

Mother berkisah tentang guru sekolah dasar sekaligus peneliti bernama Kang Soo Jin (Lee Bo Young) yang menculik seorang anak bernama Hye Na. Kang Soo Jin melakukan hal tersebut karena mengetahui Hyena korban kekerasan ibunya sendiri. 

8. Hi Bye, Mama

Hi, Bye Mama

Photo :
  • tvN

Drakor Hi Bye Mama menceritakan kasih sayang seorang ibu baik dari ibu kandung maupun ibu tiri. Hi Bye Mama berkisah tentang kisah Cha Yu-ri (Kim Tae-hee), seorang ibu yang meninggal dunia karena kecelakaan tragis lima tahun lalu dan diberi kesempatan kembali kepada suami dan putrinya sebagai hantu selama 49 hari.

9. When The Camellia Blooms

film When The Camellia Blooms

Photo :
  • Dok.imdb

When the Camellia Blooms berkisah tentang ibu tunggal Dong Baek (Gong Hyo Jin). Ia berusaha keras untuk berperan sebagai ibu dan ayah bagi anaknya. Di drama ini juga menceritakan kehebatan orang tua tunggal. Banyak hal yang bisa dipelajari dari drakor When the Camellia Blooms ini, terutama tentang bagaimana masyarakat memandang ibu tunggal.

10. Wonderful Mama

film Wonderful Mama

Photo :
  • Dok.imdb

Drama Korea Wonderful Mom berkisah tentang seorang ibu tunggal bernama Yong Bok Hee (diperankan oleh Bae Jong Ok). Ia bekerja sebagai pedagang kecil di pasar. Karena ketekunannya, ia berubah menjadi ibu Miliarder kaya raya. Suatu Ketika ia menderita Alzheimer. Meskipun begitu, ia tetap mengasuh anaknya dengan baik dan sabar.

Itulah sederet rekomendasi film Indonesia dan Korea tentang ibu yang wajib ditonton disaat momen hari Ibu ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya