Tanpa Egerton, Film The King's Man Tuai Kritik

The Kings Man.
Sumber :
  • IMDb

VIVA – Film The King's Man sudah tayang  hari ini, Rabu, 22 Desember 2021 dan menghentak layar lebar bagi para pecinta tayangan komedi sekaligus aksi. Alih-alih menjadi jawaban atas kerinduan penggemar, prekuel film Kingsman: The Secret Services itu justru dinilai buruk dan menyedihkan.

Review The King's Man, Prekuel Suram dan Brutal

Film pertama di tahun 2014, Kingsman: The Secret Service adalah film komedi aksi yang nyaris sempurna dan menghidupkan kembali genre spoof mata-mata. Lucu, menegangkan dan seksi, itu membuat Taron Egerton menjadi bintang yang kemudian menampilkan dirinya tengah menyanyikan Tiny Dancer sebagai Elton John di Rocketman.

Dikutip dari laman NY Post, kesuksesan film pertama itu membuatnya berlanjut ke sekuel kedua yang nampaknya menjadi biasa-biasa saja. Dengan judul Kingsman: The Golden Circle tahun 2017, film ini menggali humor sedikit demi sedikit yang cukup menggelikan dan mengundang tawa.

Sinopsis The King's Man, Mulai Tayang Hari Ini

Salah satu adegan di film Kingsman pertama.

Photo :
  • Facebook Kingsman The Movie

Beruntung, sekuel itu mampu menarik perhatian dengan hadirnya 'orang gila' yakni Julianne Moore berperan sebagai raja obat bius internasional bernama Poppy. Lalu hadir pula sosok Elton John sebagai tawanannya.

Selain Contagion, 3 Film Tentang Virus Ini Dialognya Bikin Merinding

Dan kini, The King's Man atau Kingsman 3 disebut-sebut sebagai prekuel yang suram, karena hampir benar-benar tanpa tawa, tidak memiliki keunggulan karismatik dari karakter Egerton yang belum lahir dan justru terjebak oleh perang parit kesengsaraan Perang Dunia I.

Alur cerita membosankan

The Kings Man.

Photo :
  • IMDb

Penulis-sutradara Matthew Vaughn, yang memimpin ketiga filmnya, dinilai perlu berhenti atau menyerahkan kendali kepada orang lain. 

Prekuel ini dibuat oleh Colin Firth di film pertama, ketika ia menggambarkan Kingsman sebagai agen mata-mata independen yang dibuat oleh bangsawan selama perang yang waspada terhadap kepemimpinan Inggris.

Jadi The King's Man membagikan cerita tentang bagaimana organisasi palsu itu dibangun dan sejarah revisionis tentang bagaimana Perang Dunia I dimulai. Duke of Oxford (Fiennes) dan putranya Conrad (Harris Dickinson) sedang duduk di gerbong Sarajevo Archduke Franz Ferdinand ketika dia ditembak hingga memicu konflik.

Konflik dan komedi yang dipaksakan

The Kings Man.

Photo :
  • IMDb

Penembak, Gavrilo Princip (Joel Basman), adalah bagian dari sekelompok sosok bayangan yang duduk di sekitar meja panjang di atas gunung seperti Spectre di James Bond merencanakan kehancuran global. Mereka juga termasuk Rasputin (Rhys Ifans) dan Vladimir Lenin (Agustus Diehl).

Mengapa bos mereka, orang Skotlandia jahat ingin menghasut bencana internasional? Untuk membalas dendam pada monarki Inggris atas apa yang telah mereka lakukan terhadap Skotlandia selama berabad-abad. 

Itu adalah motif yang sulit untuk diterima dalam komedi dan dinilai sangat aneh. Intrik itu berjalan di garis yang tak sepadan antara Monty Python dan keseriusan serta komedi yang terlihat memaksa.

Ketika Oxford, pelayannya Shola (Djimon Hounsou) dan tutor Conrad Polly (Gemma Arterton), berusaha menghentikan Perang Dunia I agar tidak lepas kendali, dia pergi ke parit. Bagian medan perang tersebut adalah sisi-B “1917”.

Adegan yang paling lucu adalah dengan Rasputin, yang Ifans tafsirkan sebagai menjijikkan dan magis, dan juga seorang penari terampil dan pendekar pedang ditemani pria yang lebih muda. Di saat yang sangat tidak nyaman, dia dengan tergesa-gesa menjilati luka peluru Oxford untuk menyembuhkannya. Sangat aneh, namun ini adalah bagian paling hidup dari film yang terlalu lama dan tidak menyenangkan.

Resep kesuksesan dari film Kingsman tentu saja Egerton. Haruskah ia kembali lagi di film selanjutnya? Atau sebaiknya tak perlu ada lagi sekuel The Kingsman?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya