6 Fakta Film Penyalin Cahaya, Borong 12 Piala Citra hingga Kontroversi

Penyalin Cahaya.
Sumber :
  • Instagram @penyalincahaya

VIVA Film Penyalin Cahaya baru-baru ini banyak dibicarakan di media sosial lantaran kontroversi yang menimpa salah satu kru yang ada dalam film tersebut. Namun, sebelum rumor negatif itu beredar, film ini sudah lebih dulu mencuri perhatian publik karena jalan ceritanya yang apik dan banyaknya prestasi yang diraih.

Nayla Purnama Jadi Peran Utama di Film Horor Vina: Sebelum 7 Hari, Diangkat dari Kisah Nyata Viral

Berkisah tentang penyintas kekerasan seksual, Penyalin Cahaya ini ternyata memiliki beberapa fakta-fakta menarik sebagai salah satu film Tanah Air yang terbilang sukses.

Tayang mulai hari ini, Kamis, 13 Januari 2022 di Netflix, berikut ini fakta-fakta film yang disutradarai oleh Wregas Bhanuteja tersebut, dihimpun dari berbagai sumber.

Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga

1. Mengisahkan tentang penyintas kekerasan seksual

Penyalin Cahaya.

Photo :
  • IMDb
Film Now You See Me 3 Sedang Digarap, Bakal Ada Wajah Baru yang Bergabung!

Film yang diperankan oleh Shenina Cinnamon ini mengisahkan tentang penyintas kekerasan seksual yang dialami oleh seorang wanita bernama Sur (Shenina). Dalam film ini Sur diceritakan kehilangan beasiswanya karena ia dituduh mencoreng nama baik fakultasnya dengan selfie dirinya mabuk yang beredar secara online. 

Namun ia tidak mengingat sama sekali peristiwa yang terjadi kepadanya itu di malam saat Sur menghadiri pesta yang diadakan kampusnya. Pesta tersebut merupakan perayaan atas pencapaian grup teater universitasnya ‘Mata Hari’ yang dimana Sur merupakan salah satu sukarelawan yang merancang webnya.

Sur pun tidak terima atas apa yang telah terjadi kepadanya dan harus kehilangan beasiswanya sehingga ia berusaha untuk mencari kebenaran dari apa yang terjadi pada malam itu. Ha itu juga dilakukannya karena ia khawatir hidupnya akan hancur dan menjadi bahan lelucon seniornya. Ia pun meminta bantuan kepada teman di masa kecilnya  untuk membantunya. 

2. Tayang di ajang film internasional

Penyalin Cahaya

Photo :
  • Instagram @wregas_bhanuteja

Sebelum tayang di negeri sendiri, film Penyalin Cahaya sudah lebih dulu tayang pada 15 Oktober 2021 lalu di Busan International Film Festival (BIFF). Mereka bersanding di kancah internasional dengan 223 film lainnya yang berasal dari 70 negara berbeda, termasuk juga film dari Indonesia, yakni Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, Yuni dan Laut Memanggilku.

3. Borong 12 Piala Citra

Penyalin Cahaya

Photo :
  • Instagram @wregas_bhanuteja

Selain berhasil tayang di BIFF, film ini juga berhasil memborong 12 Piala Citra di Festival Film Indonesia (FFI). Film Penyalin Cahaya juga menggeser rekor yang sebelumnya diraih oleh film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak (2017) dengan membawa pulang 10 Piala Citra.

4. Film panjang pertama dari Wregas Bhanuteja

Wregas Bhanuteja

Photo :
  • Instagram @wregas_bhanuteja

Seperti yang diketahui, Wregas Bhanuteja merupakan salah satu sutradara terkenal dan andal dalam berbagai film pendek seperti seperti Prenjak, Lemantun dan Tak Ada Yang. Namun film Penyalin Cahaya ini merupakan film panjang pertamanya dan berhasil mendapatkan kesuksesan. 

5. Kontroversi pelecehan seksual yang dilakukan kru

Penyalin Cahaya.

Photo :
  • Instagram @penyalincahaya

Ironinya, di balik kesuksesan yang berhasil diraih oleh film Penyalin Cahaya, ada sebuah kontroversi yang baru saja terjadi pada film tersebut. Publik harus menerima fakta bahwa telah terjadi pelecehan seksual di masa lalu yang dilakukan oleh salah satu kru film.

Tim film Penyalin Cahaya pun membenarkan isu yang beredar tersebut dan menghapus nama kru terkait dari kredit film dan mengeluarkannya dari tim Penyalin Cahaya. Beredar kabar bahwa kru yang melakukan pelecehan seksual adalah co-writer atau salah satu penulis naskahnya yang bernama Henricus Pria.

6. Tayang di Netflix

Penyalin Cahaya.

Photo :
  • Instagram @penyalincahaya

Film yang sudah memborong 12 Piala Citra tersebut tayang perdana mulai hari ini, Kamis, 13 Januari 2022 di platform streaming online Netflix. Wregas Bhanuteja memutuskan untuk menayangkannya di Netflix karena agar Penyalin Cahaya mendapatkan peluang lebih untuk menyampaikan pesan yang terdapat dalam film mengenai penyintas kekerasan seksual tersebut. 

Sebagai informasi, Penyalin Cahaya juga telah menjadi film original Netflix.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya