5 Film Indonesia yang Membahas Tentang Kekerasan Seksual

Film Penyalin Cahaya
Sumber :
  • Tangkapan Layar YouTube Netflix Indonesia

VIVA –  Isu tentang kekerasan seksual belakangan ini sedang ramai diperbincangkan oleh publik di media maya. Seperti tak ada habisnya, kabar munculnya kasus baru dari kekerasan seksual terhadap kaum perempuan baik itu dari berbagai kalangan usia dan latar belakang pasti akan selalu ada. Kasus ini pada dasarnya sulit untuk mencuat ke permukaan apabila tidak diviralkan terlebih dahulu. Namun ada cara lain untuk membahas tentang isu kekerasan seksual tersebut kepada khalayak yakni dengan melalui sebuah film

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan

Sebuah film yang mengangkat tentang isu kekerasan seksual tersebut pada dasarnya dibuat oleh para sineas dengan memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran pada masyarakat akan dampaknya terhadap korban dan agar senantiasa hal itu tidak terjadi lagi khususnya di Indonesia. Film Indonesia mengenai kekerasan seksual juga dapat sekaligus menjadi sindiran bagi lembaga tertentu yang menangani isu kasus terkait. Berikut ini kumpulan film indonesia tentang kekerasan seksual yang direkomendasikan untuk ditonton oleh Viva yang dihimpun dari berbagai sumber. 

1. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Umumkan Tanggal Tayang

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak

Photo :
  • Instagram @aswan.zanynu

Film yang diperankan oleh Marsha Timothy sebagai Marlina ini menjadi salah satu film yang mengangkat isu kekerasan terbaik dari Indonesia. Hal itu dikarenakan Film marlina si Pembunuh dalam Empat Babak ini berhasil tayang di ajang internasional dan sukses memborong 10 Piala Citra dalam Festival Film Indonesia (FFI). Film yang dirilis pada 16 November 2017 ini diketahui bertemakan ‘women empowerment’ yang kuat sebagai penggambaran nyata dari seorang penyintas pelecehan seksual yang sulit mencari sebuah keadilan. 

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

2. 27 Steps of May (2018)

27 Steps of May

Photo :
  • Instagram @pecintafilmofficial

Film selanjutnya yang mengisahkan tentang kekerasan seksual yakni adalah 27 Steps of May. Sama seperti film sebelumnya, film ini juga berkesempatan untuk tayang di sejumlah ajang internasional. Secara garis besar, gambaran yang diberikan dalam film ini adalah dampak psikologis jangka panjang pada korban dan orang-orang di sekitarnya atas tindakan kekerasan seksual tersebut. Dalam film ini mengisahkan seorang perempuan yang bernama May (Raihaanun) sebagai perempuan korban pemerkosaan dalam tragedi kerusuhan di tahun 1998, saat itu May masih berusia di bawah umur yakni 14 tahun. Setelah hal tersebut terjadi kepada May, sang ayah menjadi sangat merasa bersalah dan menganggap bahwa dirinya tak bisa melindungi anak perempuannya itu.

3. Please Be Quiet (2021)

Please Be Quiet

Photo :
  • Instagram @pleasebequiet_film

Please Be Quiet ni merupakan salah satu film pendek yang membahas tentang isu kekerasan seksual. Dalam film ini dikisahkan sulitnya untuk melaporkan kasus pelecehan seksual, apalagi jika pelakunya tergolong orang yang memiliki kekuasaan tinggi dan memiliki harta. Dalam film ini mengisahkan tentang Sarah (Sheryl Sheinafia) yang menyaksikan rekan kerjanya dilecehkan oleh bos di tempat kerjanya. Namun, saat ia mengajak rekan lainnya yang juga menjadi saksi, rekannya tersebut tidak mau melaporkannya dan menjadikan kejadian itu menjadi besar karena takut kesulitan dalam pekerjaannya. Film yang berdurasi 20 menit ini tayang di YouTube dan bisa kamu tonton secara gratis. 

4. Dear Nathan Thank You Salma (2022)

Dear Nathan: Thank You Salma.

Photo :
  • Instagram @thankyousalmafilm

Film selanjutnya ada sekuel film dari Dear Nathan yakni Dear Nathan: Thank You Salma. Film ini memang dari awal berfokus pada kisah percintaan yang dialami remaja yakni dengan fokus utamanya Nathan dan Salma, namun ternyata tak hanya itu saja. Film sekuel ketiganya yakni Dear Nathan: Thank You Salma ini mengangkat tentang isu pelecehan seksual yang terjadi pada mahasiswa di lingkungan kampus. Film yang diperankan oleh Jefri Nichol (Nathan) dan Amanda Rawles (Salma) ini sudah rilis dan tayang pada 13 Januari 2022 kemarin. 

5. Penyalin Cahaya (2022)

Film Penyalin Cahaya

Photo :
  • Tangkapan Layar YouTube Netflix Indonesia

Film yang belakangan menjadi perbincangan publik dan mengangkat tentang isu kekerasan seksual selanjutnya ada film Penyalin Cahaya. Sebelum tayang di Indonesia, Penyalin Cahaya sudah lebih dulu tampil di ajang internasional yakni Busan International Film Festival (BIFF) pada Oktober 2021 lalu. Film ini juga berhasil memborong 12 Piala Citra dalam ajang Festival Film Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya