Rayakan Hari Film Nasional, Pameran Boeng Usmar Ismail Digelar

Pameran Boeng Usmar Ismail dalam Sinema Indonesia.
Sumber :
  • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

VIVA – Dalam rangka menyambut Hari Film Nasional ke-72 yang jatuh pada hari ini, Rabu, 30 Maret 2022, Usmar Ismail Cinema Society didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengadakan rangkaian kegiatan acara Pameran Boeng Usmar Ismail dalam Sinema Indonesia.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Pameran tersebut juga digelar untuk merayakan gelar Pahlawan Nasional yang diberikan kepada Bapak Perfilman Nasional H. Usmar Ismail pada November 2021 lalu.

Digelar mulai 28 Maret hingga 28 April 2022, pameran tersebut menghadirkan artefak peninggalan karya Usmar Ismail dalam bentuk digital maupun fisik. Koleksi naskah film, skenario asli, poster film, foto-foto adegan film hingga foto keluarga H. Usmar Ismail ditampilkan secara elegan di Dia.Lo.Gue Artspace, Jakarta. Kamu bisa melihat lini-masa kehidupan Usmar dari lahir hingga wafat beserta sejarah perfilman di masa hidupnya. 

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

Tak hanya koleksi keluarga, ada pula koleksi artefak dari Omah Otara, seperti buku puisi karya Usmar Ismail, flyer film hingga gramafon yang memperdengarkan lagu asli dari film H. Usmar Ismail. Kemudian terdapat koleksi artefak dari Museum Penerangan yang memperlihatkan proyektor film setinggi hampir 2 meter, beserta patung H. Usmar Ismail untuk dapat dinikmati oleh pengunjung yang hadir.

Pameran Boeng Usmar Ismail dalam Sinema Indonesia.

Photo :
  • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Pameran Boeng Usmar Ismail dalam Sinema Indonesia dibuka pada 28 Maret 2022 kemarin oleh Ahmad Mahendra, Direktur Perfilman Musik dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi secara simbolis dengan menggunakan Clapper Sutradara ditemani oleh Keluarga H. Usmar Ismail dan Kurator Pameran, dan dilanjutkan dengan tur pameran.

“Di pameran Boeng Usmar Ismail: Dalam Sinema Indonesia di dia.lo.gue artspace, kita bisa melihat apa yang melatarbelakangi sosok Usmar Ismail dalam berkarya, di masa ia sebagai pelajar di zaman Hindia-Belanda hingga menjadi seorang produser, sutradara, pemain film, dan terlebih sebagai seorang suami dan ayah yang baik. Semua hal ini disajikan melalui catatan, arsip, serta foto-foto yang belum pernah ditampilkan sebelumnya," ucap Engel Tanzil, kurator Pameran Boeng Usmar Ismail dalam Sinema Indonesia dalam pembukaan pameran.

Selain pameran, digelar juga kegiatan Hari Film Nasional lainnya, mulai dari Pekan Film Usmar Ismail, yaitu pemasangan Film Usmar Ismail yang telah direstorasi di bioskop XXI Metropole pada 29 Maret hingga 2 April 2022, Dialog Tokoh Film dan ditutup dengan Puncak Acara Hari Film Nasional 2022 yang dilakukan hari ini bertepatan dengan launching buku biografi H. Usmar Ismail.

“Kami berharap, berbagai kegiatan ini dapat memberikan ruang bagi masyarakat luas, khususnya generasi muda, untuk lebih mengenal Bapak Usmar Ismail sebagai Pahlawan Nasional dan karyanya yang telah berkontribusi dan mewarnai pembangunan film Nasional di Indonesia," ujar anak pertama Usmar Ismail, Nureddin Ismail.

Selamat Hari Film Nasional!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya