Belum Terpecahkan, 5 Film Ini Diangkat dari Kisah Misteri Nyata

film The Irishman
Sumber :
  • IMDb

VIVA – Kasus kriminal dan misteri kerap berjalan beriringan. Dalam kasus kriminal, tahap investigasi bisa menjadi menarik. Di sisi lain, kasus pun malah membuat frustasi lantaran adanya ‘kejutan’, petunjuk palsu, atau kesimpulan yang salah. Tak jarang pula pelaku kriminal tidak ditemukan hingga kasusnya terus menjadi tanda tanya sepanjang waktu. 

Nayla Purnama Jadi Peran Utama di Film Horor Vina: Sebelum 7 Hari, Diangkat dari Kisah Nyata Viral

Dengan kasus yang masih menjadi misteri, justru membuat rumah produksi dan produser tertarik untuk mengangkatnya ke sebuah film. Sampai saat ini film berdasarkan kisah misteri nyata masih digemari oleh segelintir orang. 

Situasi ini mungkin disebabkan penonton film merasa ikut andil dalam memecahkan kasus, seolah-olah menjadi detektif walaupun berujung belum terselesaikan.

Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga

Dilansir dari video dalam kanal YouTube WatchMojo.com yang diunggah pada 2 Mei 2022, berikut 5 film berdasarkan kisah misteri nyata yang belum terpecahkan.

The Black Dahlia (2006)

Pensiunan Jenderal Bintang 4 Berinisial B Terseret Kasus Korupsi Rp271 T, Siapa Dia?

film The Black Dahlia

Photo :
  • IMDb

The Black Dahlia diangkat dari kasus pembunuhan Elizabeth Short pada tahun 1947. Kasusnya ramai diperbincangkan karena jenazahnya ditemukan sangat mengerikan, terbelah dua di pinggang. Sampai saat ini pelaku pembunuhannya belum ditemukan. 

The Strangers (2008)

film The Strangers

Photo :
  • IMDb

Film ini mengisahkan Kristen (Liv Tyler) dan James (Scott Speedman) yang sedang berlibur di sebuah villa diganggu oleh tiga penjahat bertopeng yang masuk ke villa. Kisah dari The Strangers berdasarkan pada kasus pembunuhan Sharon Tate yang dilakukan oleh Manson Family pada tahun 1969.

The Irishman (2019)

film The Irishman

Photo :
  • IMDb

Film yang digarap oleh Martin Scorsese dan De Niro menceritakan mafia bernama Teamster yang diketuai oleh Jimmy Hoffa. Teamster bekerja sama melakukan pembunuhan dengan menyuruh seorang sopir truk bernama Frank Sheeran. Divonis sebagai tersangka, Jimmy Hoffa kabur dan hingga sekarang tak ada yang mengetahui keberadaannya.

The Entity (1982)

film The Entity

Photo :
  • IMDb

Makhluk tak kasat mata pun dapat menyerang seseorang secara seksual. Kisah ini yang menginspirasi film The Entity. Mengisahkan Carla Moran yang terus diganggu oleh makhluk halus sampai ia memutuskan untuk memanggil tim parapsikolog untuk membersihkan rumahnya dari entitas. Film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama berdasarkan kisah nyata seorang wanita bernama Doris Blither.

Zodiac (2007)

film Zodiac

Photo :
  • IMDb

Zodiac adalah seorang pembunuh berantai yang meneror California Utara pada tahun 1960-an. Tersangka bahkan mengejek polisi dengan serangkaian surat yang dikirim ke kantor berita. Surat-surat itu berisi ancaman, pengakuan bersalah, dan teka-teki berupa kriptogram.

Polisi bahkan sampai frustasi melacak keberadaan Zodiac sampai akhirnya seorang kartunis dari San Francisco Chronicle berhasil memecahkan salah satu teka-teki dari Zodiac. Awalnya tidak ada yang percaya dengan hal tersebut hingga reporter kriminal Paul Avery menyadarinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya