Sejak Pandemi, Hanya 2 Film Ini yang Tembus Pendapatan US$1 Miliar

Tom Cruise di Top Gun Maverick
Tom Cruise di Top Gun Maverick
Sumber :
  • Paramount Pictures

VIVA Showbiz – Saat pandemi “menghantam” seluruh dunia pada 2020, semua hal ikut terpengaruh. Mulai dari pekerjaan, aktivitas harian, bahkan industri hiburan juga terkena imbasnya. Di awal pandemi, bioskop ditutup dan banyak perilisan film ditunda atau diubah ke platform streaming film yang berbayar.

Namun, setelah di pertengahan 2021 bioskop dunia kembali dibuka, banyak film yang memperoleh kembali pendapatan dan jumlah penontonnya dalam jumlah banyak. Dikutip VIVA dari variety.com dan paramount Pictures, salah satunya adalah film Marvel yang paling ditunggu di era pandemi, yaitu Spiderman No Way Home yang berhasil memperoleh 19,7 Juta Dollar Amerika di minggu penayangannya.

Poster film Spider-Man: No Way Home

Poster film Spider-Man: No Way Home

Photo :
  • Twitter @SpiderManMovie

Banyak film bagus lainnya yang rilis, namun tak bisa menandingi pendapatan dan kesuksesan Spiderman No Way Home, hingga film Top Gun Maverick dirilis pada 24 Mei 2022 lalu. Film yang dibintangi Tom Cruise ini berhasil menalahkan Spiderman No Way Home, dengan pendapatan global mencapai 25 Juta Dollar Amerika di minggu ke dua penayangannya. 

Top Gun Maverick

Top Gun Maverick

Photo :
  • Paramount Pictures

Tercatat, di era pandemi, hingga saat ini, hanya ada dua film yang berhasil tembus US$ 1 Miliar Dollar atau sekitar 14 Triliun Rupiah. Spiderman No Way Home di tahun 2021 yang dibintangi oleh Tom Holland dan Top Gun Maverick di tahun 2022 yang dibintangi oleh aktor senior Tom Cruise. 

Seperti diketahui, di era sebelum pandemi, ada enam film yang mencapai pendapatan hingga US$ 1 Miliar Dollar, yaitu Avatar, Star Wars : The Force Awakens, Avangers : End Game, Titanic, Avangers : Infinity War, dan Frozen.