Totalitas, 7 Aktor Indonesia Perankan Karakter Waria dalam Film

Jefri Nichol
Jefri Nichol
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Showbiz – Menjadi seorang aktor memang dituntut untuk profesional. Sebab, bermain peran adalah berubah menjadi sosok yang berbeda. Tak jarang peran yang dimainkan jauh dari kehidupan asli di dunia. Seperti beberapa aktor Tanah Air banyak yang berani untuk menerima tantangan ketika disuruh untuk memainkan karakter dengan kelainan seksual, seperti waria

Beberapa aktor berbakat ini tidak ragu untuk tampil totalitas dalam film dengan memainkan karakter seorang transgender yang bisa dibilang sangat sensitif. Berkat kemampuan akting yang memukau, mereka sukses masuk dan mendalami perannya sebagai seorang transpuan atau transgender perempuan. 

Nah, untuk kamu yang penasaran, berikut aktor Indonesia yang perankan karakter waria dalam film seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

1. Jefri Nichol

Jefri Nichol

Jefri Nichol

Photo :
  • VIVA.co.id/Ichsan Suhendra

Aktor tampan Jefri Nichol benar-benar keluar dari zona nyamannya ketika memerankan karakter Dom dalam film berjudul Jakarta vs Everybody yang sudah rilis sejak tahun 2020. Menjadi pemeran utama dalam film itu, Dom merupakan seorang aktor yang gagal tapi harus menyambung hidupnya sebagai kurir narkoba. 

Ia harus menyamar menjadi berbagai profesi supaya aksi tersebut tidak ketahuan. Untuk memainkan karakter Dom, Jefri harus bisa mendalami akting sebagai seorang pengantar pizza, penumpang kereta, hingga menjadi seorang transpuan. Akting Jefri memainkan karakter itu sangat ciamik walaupun durasi dalam filmnya tidak terlalu lama. 

2. Ganindra Bimo

Ganindra Bimo

Ganindra Bimo

Photo :
  • VIVA/Maria Margaretha Delviera

Walaupun selalu tampil macho di kehidupan nyata, Ganindra Bimo nyata bisa juga tampil kemayu dengan memainkan karakter seorang transpuan dalam film yang berjudul Moammar Emka’s Jakarta Undercover yang rilis tahun 2017 silam. Karena aktingnya yang memukau, ia sampai dianugerahi penghargaan sebagai Pemeran Pembantu Pria Terpuji dalam Festival Film Bandung tahun 2017. 

3. Erick Estrada

Erick Estrada

Erick Estrada

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Akting Erick Estrada sangat apik ketika tampil dalam film yang berjudul Srimulat: Hil yang Mustahal Babak Pertama yang tayang pada 19 Mei 2022 lalu. Dalam film ini, Erick memainkan karakter Tessy, seorang anggota grup lawak legendaris Srimulat yang selalu tampil gemulai sebagai seorang transpuan atau waria. 

4. Fachri Albar

Fachri Albar.

Fachri Albar.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

Fachri Albar juga menjadi salah satu aktor Indonesia yang perankan karakter waria dalam film berjudul Jakarta Undercover yang tayang tahun 2017 silam. Putra Ahmad Albar ini bahkan harus rela mencukur semua bulu di tangan, kaki, dan wajahnya hanya untuk tampil totalitas dalam film sebagai seorang transpuan.

5. Garry Iskak

Gary Iskak

Gary Iskak

Photo :
  • IG @iskak_gary

Aktor yang kerap tampil garang di film atau sinetron, Garry Iskak juga menjadi salah satu aktor Indonesia yang perankan karakter waria. Ia memerankan karakter tersebut dalam film yang berjudul D’Bijis tayang tahun 2007 silam. Karena lakonnya itu, nama Garry Iskak sampai masuk ke dalam nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik di FFI 2007.

Supaya bisa memerankan karakter dengan sangat apik, Garry Iskak mengaku harus melakukan riset untuk mendapatkan referensi. Sebab, ia memiliki badan tegap yang memiliki banyak tato, sehingga perannya sebagai seorang transpuan semakin menantang. 

6. Donny Damara

Kunjungan Pemain Film Guru Ngaji, Donny Damara dan Ence Bagus

Kunjungan Pemain Film Guru Ngaji, Donny Damara dan Ence Bagus

Photo :
  • VIVA/Ikhwan Yanuar

Donny Damara juga menjadi salah satu aktor Indonesia yang perankan karakter waria dalam film berjudul Lovely Man tahun 2011 silam. Berkat perannya dalam film tersebut, Donny bahkan memperoleh penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2012. 

Aktingnya sebagai seorang transpuan yang sangat memukau dalam film tersebut juga diganjar dengan penghargaan di ajang internasional. Ia mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Terbaik dalam Festival Film Asia. 

7. Barry Prima

Barry Prima

Barry Prima

Photo :
  • Ist

Aktor senior Barry Prima yang terkenal dengan aksi laganya juga pernah menerima tawaran untuk memainkan karakter sebagai seorang waria dalam film yang berjudul  Realita Cinta dan Rock ‘n Roll yang tayang tahun 2006. Aktingnya yang ciamik membuat dirinya dipuji oleh banyak orang.