5 Fakta Film Gadis Kretek Netflix Viral, Arya Saloka Jadi Sorotan

Dian Sastro hingga Arya Saloka main di serial Netflix, Gadis Kretek.
Sumber :
  • Twitter Netflix Indonesia.

VIVA Showbiz – Akhir-akhir ini media sosial sedang digemparkan oleh sebuah tayangan film terbaru yang diangkat dari novel karya Ratih Kumala, yaitu Gadis Kretek Netflix viral. Judul film tersebut pun kini tengah menjadi perbincangan hangat sejumlah warganet di jagat maya, pasalnya film ini bukan tayang di bioskop melainkan Netflix. 

Deretan Film Internasional Ini Resmi Tayang di Indonesia, Ada Peraih Penghargaan Bergengsi

Meskipun bukan tayang di bioskop kesayangan kita semua, namun film Gadis Kretek sudah berhasil mencuri perhatian publik. Bahkan hebohnya lagi, film yang diangkat dari novel milik karya Ratih Kumala ini pun mendadak viral hingga tak sedikit para pemainnya berhasil menduudki trending topik di media sosial, khususnya di Twitter.

Kehebohan film yang akan tayang di Netflix tersebut, rupanya tidak lepas dari desas-desus yang menyebutkan jika film ini merupakan salah satu karya anak bangsa. 

Ekspansi Bisnis, Bos MD Pictures Jual Saham FILM Raup Rp 1,25 Triliun

Poster serial Netflix, Gadis Kretek.

Photo :
  • Twitter Netflix Indonesia.

Ditambah dengan para pemeran yang siap membuat epik film tersebut, seperti beberapa di antaranya Dian Sastro Wardoyo,  Putri Marino,  Ario Bayu, Arya Saloka, Ibnu Jamil,  Ine Febriyanti, Tissa Biani, Sheila Dara Aisha, dan Winky Wiryawan. Dijamin semakin membuat film yang berjudul "Gadis Kretek" tersebut terlihat lebih menarik dan layak untuk ditonton.

Nayla Purnama Jadi Peran Utama di Film Horor Vina: Sebelum 7 Hari, Diangkat dari Kisah Nyata Viral

Jadi makin penasaran dengan warna-warni dari film Gadis Kretek tersebut? Daripada penasaran, ada baiknya kita simak lebih dulu fakta film Gadis Kretek yang sayang untuk dilewati.

Sinopsisnya Dikemas Menarik

Mengangkat dari novel berjudul sama, sinopsis film Gadis Kretek pun bisa dipastikan memiliki alur cerita yang sama dan pastinya jauh lebih menarik lagi.  Jika dari novel sendiri, isi ceritanya menceritakan tentang sosok Pak Soeraja yang kondisinya tengah sekarat.

Ketika kondisinya sudah memburuk dan tinggal menunggu ajalnya, Soeraja memanggil perempuan yang bukan istrinya bernama Jeng Yah.  Hal itulah yang membuat Kretek Djagad Raja menjadi resah dan gulana. Terlebih ketika sang ibu atau istri dari Soeraja ini harus terbakar api cemburu lantaran ada permintaan terakhir sang suami yaitu ingin dipertemukan dengan Jeng Yah.

Ketiga anak Seoraja pun berusaha mencari keberadaan Jeng Yah ke pelosok Jawa. Ketiga anak tersebut, yakni ada Lebas, Karim dan Tegar. Ketika dalam perjalanan dalam mencari jejak Jeng Yah, ketiga anaknya tersebut dibukakan informasi dan rahasia keluarga.

Mereka juga bertemu buruh bathil (pelinting tua) yang menguak asal-usul Kretek Djagad Raya hingga menjadi Kretek nomor 1 di Indonesia. Selain itu ketiganya pun mengetahui kisah cinta sang ayah dengan Jeng Yah. Terungkap bahwa Jeng Yah adalah pemilik Kretek Gadis, kretek lokal kota M yang terkenal pada zamannya.

Sebagia informasi, novel Gadis Kretek ini berlatar belakang periode penjajahan Belanda hingga kemerdekaan. Beberapa kota yang menjadi latar ceritanya yakni Kota M, Kudus dan Jakarta.

Trending Topik di Twitter

Putri Marino dan Dian Sastro

Photo :
  • twitter.com/WatchmenID

Seiring dengan hebohnya film Gadis Kretek yang tengah viral di media sosial, tak lepas dari sosok nama Dian Sastrowardoyo dan Putri Marino yang terlihat sedang membaca naskah berjudul Gadis Kretek berlabel netflix pun bertebaran di berbagai media sosial, khususnya Twitter.

Tidak hanya itu, bahkan nama Putri Marino hingga Gadis Kretek pun sempat menjadi trending topik di Twitter pada Rabu (13/7/2022) kemarin. Hal ini terjadi lantaran, begitu banyak masyarakat maupun warganet yang begitu antusias dan penasaran dengan adanya film yang akan tayang di netfilx tersebut.

Arya Saloka Jadi Sorotan

Putri Marino dan Dian Sastro

Photo :
  • twitter.com/WatchmenID

Aktor Arya Saloka rupanya turut menjadi bagian pemain dari film Gadis Kretek yang akan tayang di Netflix beberapa waktu mendatang. Sosok Arya Saloka di film terbarunya ini rupanya cukup menjadi sorotan banyak warganet.

Ya, kehadirannya dalam film terbarunya ini ternyata cukup menyita perhatian publik. Terkait kehadiran Arya Saloka pun menuai pro kontra dari sejumlah warganet.

Ada sejumlah penggemar yang menanti-nantikan kehadirannya sosok Aldebaran dalam sinetron yang pernah dibintanginya yakni Ikatan Cinta. 

"selamat ya mas akhirnya kmu bisa melebar kan sayapmu di Netflix  dan bisa adu akting dgan idola mu Dian Sastro semoga diberi kelancaran syuting dan keluarkan segala Bakatmu Bikin kmi lebih Bangga lgi. We Proud you Arya Saloka," tulis @JadulPutry 

"Proud of you broo Arya Saloka, Can't waiting for this," tulis @merona_satire.

"Semangat ya mas arya saloka ,  walau banyak yg ngehujat kamu dibilang ngak pantas lah, dan scandal yg dulu dibawa lagi,buktikan kamu layak berada di titik ini," tulis lainnya. Dan, ada juga yang menuai kontra lantaran ada sosok Arya Saloka dalam film terbarunya tersebut.

"remove arya saloka and it would be perfect cast line," tulis pengguna lain.

"arya saloka after all the scandal of his affair when Indonesia start cancel culture,"tambah lainnya.

Di mana, diketahui belum lama ini sosok Arya Saloka tengah menjadi perbincangan hangat lantaran isu kedekatannya dengan Amanda Manopo. Hengkangnya sosok Aldebaran alias Arya Saloka dalam sinetron Ikatan Cinta pun membuat sejumlah penggemar khususnya dibuat rindu akan sosok Arya Saloka. 

Arya Saloka pun baru-baru ini tampil dalam sebuah unggahan foto dalam kondisi sudah kembali ceria dan mulai berkarya bersama beberapa aktor dan artis unggulan tanah air lainnya. Adanya film terbaru yang berjudul Gadis Kretek yang turut diramaikan oleh sosok Arya Saloka ini, tak dipungkiri menjadi obat rindu para penggemar akan sosok aldebaran. 

Dalam film terbarunya ini, sosok Arya Saloka berperan sebagai anak bungsu dari Soeraja yang bernama Lebas. Diketahui dari sinopsis. Soeraja memiliki tiga orang anak. Kehadiran Arya Saloka ini semakin diperkuat dengan adanya sebuah unggahan yang dibagikan langsung oleh akun Twitter @NetflixID, pada Kamis 14 Juli 2022.

"Lagi dalam tahap produksi: serial Indonesia terbaru GADIS KRETEK, karya sutradara Kamila Andini dan Ifa Isfansyah. Dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Arya Saloka, dan Putri Marino. Nantikan #GadisKretek hanya di Netflix," tulis Netflix Indonesia. 

Para Pemain Gadis Kretek

Para pemain serial Netflix, Gadis Kretek

Photo :
  • Dokumentasi Netflix

Dalam film terbaru yang akan segera tayang di Netflix nanti, rupanya akan diramaikan oleh  sejumlah aktor/artis ternama yang namanya cukup untuk diperhitungnkan. 

Ya, selain ada Putri Mario dan Dian Sastrowardoyo, sejumlah nama pun bakal meramaikan film tersebut. Beberapa di antaranya adalah h Ibnu Jamil, Arya Saloka, Ine Febriyanti, Tissa Biani, Sheila Dara Aisha, Winky Wiryawan dan Ario Bayu.

Digadang-gadang akan Tembus Pasar Besar Industri Kreatif

Film yang diangkat dari novel Gadis Kretek ini diterbitkan pada tahun 2012 oleh Gramedia Pustaka Utama. Di mana Gadis Kretek sendiri merupakan salah satu karya Ratih Kumala yang masuk dalam sepuluh besar penerima penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa tahun 2012.

Selain itu Gadis Kretek sendiri lebih banyak menggunakan narasi dibanding dialog dan mengangkat budaya Jawa khususnya mengenai pergerakan pabrik kretek di awal-awal berdirinya Indonesia. Tidak hanya mengagkat soal kehidupan keluarga penghasil kretek, film Gadis Kretek ini juga merupakan serial original pertama Indonesia yang diproduksi oleh Netflix.

Kendati akan digadang-gadang hingga menembus pasar besar industri kreatif Indonesia, pihak Netflix nyatanya masih belum bisa memastikan jadwal penayangan serial Gadis Kretek ini. Diketahui, produksi serial yang telah dimulai tahun ini membuat banyak pecinta sastra tak sabar menonton serial karya anak bangsa ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya