Miris, 5 Film Hollywood Ini Lakukan Kekerasan Terhadap Hewan

Film Life of Pi
Sumber :
  • Facebook.com/LifeofPi

VIVA Showbiz – Sebagai pecinta hewan tentu kita akan merasa prihatin dengan beberapa film Hollywood yang melibatkan berbagai jenis hewan dalam proses produksinya. Hal ini karena hewan itu diperlukan hanya untuk kepentingan film, entah itu sebagai figuran dalam sebuah adegan maupun jadi pemeran utama. Di akhir film, kita biasanya diketahui bahwa tak ada hewan yang dilukai atau dibahayakan dalam proses produksinya. 

Ustaz Khalid Basalamah Sarankan Tak Pelihara Kucing di Rumah, Lebih Baik Pelihara Ayam

Meski demikian, ada beberapa film Hollywood yang justru memperlakukan hewan secara kasar ketika proses produksi. Bahkan, hal itu kadang dilakukan secara sengaja dan sampai membuat beberapa hewan itu tewas. Bukan hanya itu, beberapa adegan kekerasan terhadap hewan itu itu ada yang ditampilkan dalam film yang tentu saja mengundang kontroversi di masyarakat. 

Nah, untuk kamu yang penasaran, berikut ulasan tentang film Hollywood yang melibatkan hewan dalam proses produksi seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

Kemenko Perekonomian Ungkap Besarnya Gap Pasokan Pangan: 50 Persen Terpusat di Pulau Jawa

1. Cockfighter

Cockfighter

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube
Menginspirasi Aksi Kebaikan, Donasi untuk Shelter Hewan

Hanya dengan melihat judulnya, kamu seharusnya sudah bisa menebak alur cerita dari film ini. Film Cockfighter ini diadaptasi dari novel karya Charles Willeford yang menceritakan kisah pria yang bekerja sebagai pelatih ayam untuk diadu dalam sebuah kompetisi sabung ayam. Melalui film ini, kita akan diperlihatkan dengan obsesi sang pria untuk memenangkan setiap kejuaraan. 

Adegan pertarungan antara para ayam di film ini pun adalah sungguhan, bahkan bukan sebuah efek visual. Bahkan, kadang para ayam itu dilengkapi dengan “senjata” di bagian cekernya supaya lebih mudah dalam bertanding. Karena hal itu, film tersebut sama sekali tidak boleh tayang di Inggris, terlebih ada sebuah adegan yang memperlihatkan pertarungan ayam. 

2. Cannibal Holocaust

Cannibal Holocaust

Photo :

Cannibal Holocaust bisa dikatakan sebagai salah satu film Hollywood yang menuai banyak kontroversi. Sebab, konsep found footage yang diusung film thriller ini sempat membuat sutradaranya diduga melakukan pembunuhan sungguhan terhadap para pemainnya. Bukan hanya itu, dalam film ini juga diperlihatkan adegan pembunuhan hewan sungguhan. 

Adegan itu, terjadi saat berjumlah karakter yang ada di filmnya membelah seekor penyu untuk dikonsumsi. Nah, penyu ini ternyata sungguhan, bukan sebuah properti yang dibuat senyata mungkin supaya mirip seperti hewan aslinya. Perry Pirkanen selaku aktor bahkan sempat menangis ketika melakukan adegan tersebut. 

3. Heaven’s Gate

Heaven’s Gate

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Heaven’s Gate merupakan sebuah film Hollywood yang mengusung tema kehidupan ala seorang koboi. Sebab itu, tidak heran bila film ini turut menghadirkan berbagai hewan ternak, seperti sapi, kuda, sampai ayam. Tapi, beberapa hewan yang terlibat dalam film Hollywood ini kabarnya diperlakukan dengan sangat tak baik ketika proses produksi. 

American Humane Association (AHA) selaku badan yang melindungi keselamatan hewan mengaku mendapat laporan atas kekerasan terhadap hewan di lokasi syuting. Kekerasan itu meliputi sapi yang isi perutnya dikeluarkan, momen sabung ayam, sampai kuda yang diledakkan memakai dinamit. Beberapa momen itu masuk sebagai adegan film. 

4. Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl

Film Pirates Of The Caribbean.

Photo :
  • U-Report

Seperti yang diketahui bahwa Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl merupakan waralaba dari film yang bertema bajak laut dan sebagian besar lokasi syutingnya di tengah laut. Dalam film pertama waralaba ini dibintangi oleh Johnny Depp, kita pun diperlihatkan dengan sebuah adegan ledakkan kapal yang terjadi di tengah laut. 

Ternyata, proses syuting itu memang dilakukan di laut sungguhan. Proses syuting itu tentu saja menyebabkan makhluk hidup di lautan yang berada di sekitar ledakkan sampai tewas. Bahkan, kabarnya mayat hewan laut korban ledakan itu terus tersapu sampai ke tepi pantai selama empat hari berturut-turut setelah proses syuting. 

5. Life of Pi

Film Life of Pi

Photo :
  • Facebook.com/LifeofPi

Life of Pi merupakan sebuah film yang menceritakan seorang remaja cowok yang harus bertahan hidup di atas sekoci di tengah lautan bersama seekor harimau. Film yang digarap oleh Ang Lee ini mendapat respons yang sangat positif dan berhasil mendapat 11 nominasi Oscar. Tapi, menurut reportase tahun 2013, ternyata ada sisi kelam dalam film itu tentang harimaunya. 

Sebab, beredar bocoran email yang menyebutkan bahwa King selaku harimau yang ada di film tersebut mengalami kekerasan selama proses pengambilan gambar. Bukan hanya itu, ada sebuah email yang ditujukan kepada AHA bahwa King nyaris tewas lantaran tenggelam ketika proses syuting film tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya