3 Rekomendasi Film Autisme Selain Extraordinary Attorney Woo

Park Eun Bin dalam drakor Extraordinary Attorney Woo
Sumber :
  • twitter @daheeverse

VIVA Showbiz – Drama Korea Extraordinary Attorney Woo mencapai kesuksesannya di posisi ketiga di antara acara TV Netflix di seluruh dunia. 'Woo Young Woo Syndrome' menarik perhatian penonton hingga ke mancanegara. Serial ini menempati posisi ke-9 untuk pertama kalinya di AS dan mempertahankan posisi pertama di 20 negara Asia, Timur Tengah, dan Amerika Selatan.

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Gimana Cara Tunjukkan Kepedulian?

Extraordinary Attorney Woo menceritakan tentang seorang pengacara yang mengidap autisme sehingga ia dapat memecahkan berbagai kasus dengan sudut pandang lain dari persepsinya sendiri.

Berikut ini adalah rekomendasi serial Netflix yang juga mengangkat isu autisme yang dapat menjadi referensi tontonan akhir pekan, seperti dilansir Koreaboo, Minggu 31 Juli 2022.

5 Rekomendasi Permainan, Bisa Tingkatkan Motorik Kasar dan Halus Anak Berkebutuhan Khusus

Love on the Spectrum

Melawan Stigma Buruk Autisme di Indonesia

Serial Netflix Australia ini menangkap emosi pasangan dari kencan pertama hingga akhir yang bahagia di depan kamera. Melalui wawancara dengan teman-teman mereka, para pemeran mengungkapkan pandangan mereka sendiri tentang percintaan.

Menonton Love on the Spectrum memperluas jangkauan kesadaran bagi pemirsa non-disabilitas. Misalnya, pada suatu kencan, peserta perempuan tersenyum cerah ketika dia memperkenalkan dirinya sebagai ‘terobsesi dengan Harry Potter’,  tetapi peserta laki-laki merasa tidak pada tempatnya. Mereka sadar dengan kecacatan yang dimiliki.

Mereka khawatir apakah perbedaan tersebut akan mengganggu pertemuan atau membuat orang lain tidak nyaman. Hal itu karena mereka tidak memiliki banyak kesempatan untuk bertemu dengan lawan jenis meskipun mereka mendambakan cinta.

Dengan demikian, Love on the Spectrum memiliki kekuatan untuk menerangi emosi anak muda dengan spektrum autisme serta untuk melihat perbedaan mereka. Kekhawatiran, perbedaan, keterbatasan, dan cara mengatasinya yang realistis, yang terkait dengan kecintaan pada penyandang disabilitas, ada di serial ini.

Atypical

Film tentang gangguan spektrum autisme biasanya memiliki empati dan komunikasi. Karena orang non-disabilitas terikat untuk menjadi penonton utama, karakter non-disabilitas muncul dan sering merenungkan “Bagaimana dengan kita yang berbeda dari mereka?”

Atypical menceritakan tentang Sam, seorang remaja laki-laki kelas atas dengan gangguan spektrum autisme, paling tertarik pada kencan dan seks. Sam, yang bekerja paruh waktu di toko peralatan rumah juga terobsesi dengan penguin dan Antartika.

Dia tampaknya mencintai guru pembimbingnya. Adik perempuan Sam secara aneh tertarik pada teman perempuan sekolahnya yang sama. Hingga kedua orangtuanya merasa kesepian dan bingung bagaimana harus berbicara dengan kedua anak mereka yang memiliki kelainan secara mental.

Move to Heaven

Move to Heaven.

Photo :
  • Netflix

Geu Ru dalam serial Move to Heaven bekerja sebagai pembersih tempat kejadian perkara yang memiliki gangguan Asperger Syndrome.

Untuk Geu Ru, yang ditinggal sendirian setelah kematian ayahnya, satu-satunya anggota keluarga yang tersisa adalah Sang-gu (Lee Je-hoon), paman dan walinya. Dia juga memiliki ingatan yang luar biasa seperti Woo Young-woo.

Geu Ru, yang sudah terbiasa menunjukkan rasa hormat kepada orang mati seperti yang dilakukan ayahnya, menemukan sisi yang tidak dapat dilihat oleh orang-orang non-cacat melalui jejak dan membantu menyembuhkan rasa sakit almarhum dan keluarga mereka.

Drama ini juga membahas peristiwa yang mencerminkan kepedulian sosial melalui cerita tentang orang yang berbeda, seperti seorang wanita tua dengan demensia yang meninggal sendirian di kamar tunggal, seorang wanita yang menjadi korban penguntitan, LGBTQ+, seorang petugas keamanan, dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya