9 Judul Film Detektif Terbaik, Penuh Teka-teki dan Bikin Geram

Salah satu adegan dalam film 'Sherlock Holmes'
Salah satu adegan dalam film 'Sherlock Holmes'
Sumber :

VIVA Showbiz – Meskipun ada banyak film kriminal nyata yang menarik di luar sana, terkadang cerita detektif fiksilah yang menarik perhatian penonton. Dimana film detektif tersebut dikemas begitu menarik dengan adanya seorang pelaku kejahatan, plot cerita yang tak terduga, teka-teki dari barang bukti di tempat kejadian perkara, hingga adanya seorang detektif yang  berusaha hingga berhasil mengungkap sebuah kasus.

Tidak dipungkiri, kebanyakan dari film detektif ini selalu ada kaitannya dengan sebuah misteri pembunuhan seseorang. Ditambah dengan alur cerita yang bikin gregetan, membuat film detektif begitu disukai oleh semua kalangan. 

film Zodiac

film Zodiac

Photo :
  • IMDb

Pasalnya, pada film tersebut para penonton akan dibuat gregetan dengan menebak sebuah kasus yang tengah berusaha dipecahkan. Adapun beberapa film detektif terbaik sepanjang masa ini berhasil menghadirkan sebuah plot twist serta ending yang mind blowing sehingga bikin penonton ternganga.

Lantas, kira-kira mana film detektif paling menarik untuk ditonton? Nah berikut ini akan kmai bagikan sederet judul film terbaik sepanjang masa, yang bisa Anda tonton sebagai hiburan.

Film Detektif Terbaik

Meskipun sedikit mengerikan, nyatanya deretan film detektif yang pernah Anda rupanya benar-benar menjadi tontonan yang menghibur dan memberikan nilai-nilai penting di dalamnya, mulai dari strategi, ketelitian, kecerdasan, hingga taktik sekalipun dalam meghadapi sebuah kasus maupun persoalan sekalipun.

Saking banyaknya, sejumlah pecinta film dibuat kebingungan apa judul film detektif terbaik yang menarik untuk Anda tonton.

Knives Out (2019)

Knives Out.

Knives Out.

Photo :
  • IMDb

Film detektif pertama yaitu ada Knives Out. Film ini merupakan arahan dari Rian Johnson yang terkenal memiliki twist sangat unik. Di mana dia juga pernah menjadi penulis yang bertanggung jawab atas "Star Wars: The Last Jedi" yang kontroversial. 

Johnson layak mendapat pujian karena memicu kegembiraan para fanboy waralaba itu, yang menuntut Disney mengubah upaya spiritual yang dulu menjadi perburuan telur Paskah budaya informasi tanpa jiwa, berulang-ulang untuk panggilan balik nostalgia. Dia juga jenius di balik mahakarya sci-fi beranggaran rendah "Looper."

Dengan kata lain, dia seorang pemberontak dan pengrajin storyboard. Dalam "Knives Out", dia menggunakan kecurigaannya terhadap konsensus yang mapan dan kemampuannya untuk membuat plot yang rumit untuk membangun kritik yang cerdas terhadap kemunafikan borjuis. De Armas menyenangkan sebagai hati nurani kelas pekerja film itu, dan mual kronisnya dapat dimengerti dengan baik mengingat perusahaan yang dia pertahankan.

 Dalam film ini, Anda akan diperkenalkan oleh sosok Marta yang merupakan pengasuh baik hati yang tanpa sengaja menyebabkan kematian majikannya, yakni Harlan.

Film ini akan menyajikan sebuah karya yang dapat memanjakan penonton dengan sederet bintang ternama, beberapa di antaranya adalah Chris Evans dan Daniel Craig.

Petualangan Sherlock Holmes (1939)

Sherlock Holmes.

Sherlock Holmes.

Photo :
  • U-Report

Ketika memikirkan detektif fiksi, sulit untuk tidak langsung memikirkan Sherlock Holmes. Dan meskipun ada banyak adaptasi karya Arthur Conan Doyle dengan berbagai aktor yang memerankan Holmes, Petualangan Sherlock Holmes tetap menjadi favorit di kalangan penggemar.

Film ini mengikuti Holmes dan rekannya yang terpercaya Dr. Watson ketika mereka berusaha memecahkan misteri selama beberapa dekade yang mungkin sekali lagi menjadi ancaman sambil juga mencoba menghentikan kejahatan terbaru Profesor Moriarty.

Sherlock Holmes (2009 & 2011)

Sherlock Holmes - A Game of Shadows

Sherlock Holmes - A Game of Shadows

Photo :
  • sherlockholmes2.warnerbros.com

Siapa yang tak kenal dengan Sherlock Holmes? Hampir dari seluruh lapisan masyarakat sangat mengenal film detektif satu ini. Detektif terkenal di dunia fiksi ini pernah dibuatkan filmnya pada tahun 2009 lalu dan diperankan oleh Robert Downey Jr.

Film detektif ini bercerita tentang Sherlock Holmes dan sang partner, Dr. John Watson (Jude Law), yang pada akhirnya telah berhasil meringkus seorang pembunuh sekaligus ahli ilmu hitam bernama Lord Blackwood (Mark Strong).

Lord Blackwood akhirnya dihukum mati, tapi dirinya sempat berjanji bahwa ia akan bangkit dari kematian untuk melanjutkan aksinya. Sherlock Holmes tentu tidak mempercayainya, apalagi Watson yang juga seorang dokter sudah mengonfirmasi bahwa Blackwood benar-benar telah mati pasca menjalani hukuman gantung.

Tidak sedikit yang percaya, jika pembunuhan tersebut benar-benar ada dan dilakukan oleh Lord Blackwood dan melibatkan ilmu hitam. Sherlock Holmes yang tidak percaya dengan ilmu hitam pun  ikut berusaha dalam membongkar misteri pembunuhan tersebut.

Forgotten (2017)

Forgotten merupakan film detektif selanjutnya yang layak untuk Anda saksikan. Film psychological thriller sekaligus teka-teki horror garapan sineas Korea Selatan ini berhasil menyajikan cerita dengan alur sulit diterka-terka.

Film ini mengisahkan kasus pembunuhan yang tersimpan dalam memori seseorang yang memiliki ingatan hilang alias hilang ingatan. Dibintangi oleh beberapa pemeran terkenal seperti Kang-Ha Neul, Kim-Mu Yeol, Na Young-hee, dan Moon Seung-Keun, film ini menyodorkan kisah misteri yang menarik.

Film besutan B.A Entertaiment ini disutradarai oleh Jang-Hang Jun dan tayang perdana pada tahun 2017 lalu. Tidak hanya sebagai seorang sutradara, Hang-jun juga berperan sebagai penulis skenario dalam film ini.

Berdasarkan laman Imdb, Forgotten merupakan film detektif yang berhasil mendapatkan rating sebesar 7,4/10 dari 18.953 penilai.

The Silence Of The Lambs (1991) 

Meskipun film ini sebagian besar didominasi oleh penjahat yang tak terlupakan, The Silence of the Lambs masih merupakan mahakarya dari cerita detektif. Jodie Foster berperan sebagai Clarice Starling, seorang trainee FBI muda yang ditugaskan untuk kasus pembunuhan berantai yang membuatnya mencari nasihat dari seorang pembunuh yang dipenjara, Hannibal Lecter.

Baik Foster dan Hopkins memesona dalam film tersebut, terutama dalam adegan percakapan intens saat mereka bersama. Sutradara Jonathan Demme menanamkan semuanya dengan firasat ketakutan dan ketegangan yang tak tertahankan sepanjang film thriller gelap.

Gorky Park (1983)

Beberapa penonton mungkin tidak akrab dengan Gorky Park , tetapi tampaknya film detektif satu ini telah berhasil menemukan banyak penggemar setia. Mendiang aktor William Hurt berperan sebagai petugas polisi Moskow yang menyelidiki pembunuhan tiga korban. Saat dia menerima penolakan dari semua orang, dia mulai menemukan koneksi ke tingkat pemerintahan tertinggi.

Meskipun tidak sepopuler beberapa film lainnya, ini adalah pengaturan yang menarik untuk cerita dan menciptakan misteri dengan beberapa taruhan yang sangat besar.

The Maltese Falcon (1941)

Sementara Sherlock Holmes tidak diragukan lagi adalah detektif fiksi paling terkenal sepanjang masa, ada sejumlah sepatu karet Amerika terkenal yang membuat para penggemar jatuh cinta selama bertahun-tahun. Salah satu karakter tersebut adalah detektif swasta Sam Spade yang menjadi ikon berkat The Maltese Falcon .

Bintang film Noir Humphrey Bogart membantu menghidupkan Spade dalam cerita ini yang menemukan dia terbungkus dalam misteri mematikan yang melibatkan seorang wanita penggoda dan MacGuffin terkenal dalam bentuk patung berharga . Ini adalah jaringan intrik dengan pahlawan keren yang mudah di tengahnya.

Shutter Island (2010)

Shutter Island merupakan film detektif yang disutradarai oleh Martin Scorsese, dengan penampilan aktor ternama seperti Leonardo DiCaprio, Mark Ruffalo, dan Michelle Williams.

Shutter Island menceritakan seorang Marshall asal Amerika Serikat dan temannya. Ketika itu mereka menyelidiki kasus hilangnya seorang pembunuh dari sebuah rumah sakit jiwa di Shutter Island di Boston Harbor.

Zodiac (2007)

Film Zodiac.

Film Zodiac.

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya, ada film detektif yang berjudul Zodiac. Film ini diadaptasi dari kasus pembunuhan berantai yang terjadi di California pada masa tahun 1960-1970-an.

Film detektif ini menebarkan banyak sekali teka-teki dan misteri di dalamnya. Meskipun sudah terjadi lebih dari lima dekade lalu, identitas asli sang pelaku hingga kini belum terungkap.

Film ini dibintangi oleh aktor-aktor populer seperti Jake Gyllenhaal, Robert Downey Jr., dan Mark Ruffalo yang bekerja sama untuk mencari identitas pelaku Zodiac.