Laal Singh Chaddha, Forest Gump dengan Nuansa India yang Kental

Laal Singh Chaddha.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Showbiz – Menceritakan kembali Forrest Gump klasik pemenang Oscar, Laal Singh Chaddha adalah kisah epik Laal (Aamir Khan) yang tidak menginginkan apa pun selain membawa kebahagiaan kepada orang-orang yang dicintainya, dan melalui misi sederhana itu mengubah jalannya sejarah India.

Shah Rukh Khan dan Rani Mukerji Reuni, Bakal Ada Remake Kuch Kuch Hota Hai?

Disutradarai oleh Advait Chandan, film ini diproduseri sekaligus dibintangi oleh Aamir Khan, Kareena Kapoor Khan, Naga Chaitanya, Mona Singh, dan bintang Bollywood lainnya.

Adaptasi Forrest Gump

Diancam Bakal Dibakar Hidup-Hidup, Shah Rukh Khan Tetap Promosi Film Pathaan

Laal Singh Chaddha.

Photo :
  • Istimewa

Pada tahun 1994, Forrest Gump karya Robert Zemeckis menjadi sukses besar sebagai pemenang Oscar. Film itu memukau penonton di seluruh dunia dengan kisahnya tentang seorang pria sederhana yang kebaikannya meningkatkan kehidupan semua yang dia temui. 

Shah Rukh Khan Terciduk Kamera Tengah Berbelanja di Supermarket Jeddah, Seketika Bikin Fans Heboh

Kisah itu diberi putaran baru oleh aktor Bollywood legendaris Aamir Khan di Laal Singh Chaddha, realisasi dari mimpi yang telah lama dipegang.

Membawa Laal Singh Chaddha ke layar lebar telah menjadi tenaga kerja cinta untuk Khan. Butuh satu dekade untuk mengamankan hak atas Forrest Gump, menunjukkan bahwa visinya akan menjadi penghormatan penuh hormat kepada yang asli dan membawanya ke arah baru yang menarik. 

Khan diberikan hak pada tahun 2018 dan mulai bekerja dengan penulis skenario Atul Kulkarni (membuat debut penulisan skenarionya) dan sutradara Advait Chandan untuk mengadaptasi kisah Forrest Gump dan membuat kisah Laal Singh Chaddha.

“Saya melihat Laal Singh Chaddha seperti lagu cover dari lagu klasik yang sangat dicintai,” kata sutradara Advait Chandan, dalam pernyataan resminya, dikutip VIVA, Jumat 12 Agustus 2022.

Laal Singh Chaddha.

Photo :
  • Istimewa

“Saya merasa bahwa Forrest Gump adalah cerita universal, yang bisa membawa cita rasa India. Forrest Gump pada dasarnya adalah film Amerika – ada di rumah yang mereka tinggali, pakaian yang mereka kenakan, referensi sejarah. Saya merasa ada kesempatan untuk membawa cita rasa India ke dalam cerita dan menjaga jiwa yang sama," sambungnya.

Review film Laal Singh Chaddha

Film yang diadaptasi dari Forrest Gump tersebut mampu menyuguhkan nuansa India yang sangat apik. Mulai dari aktivitas masyarakat sehari-hari, penggambaran budaya, pakaian, hingga makanan tradisional India, membuat cerita ini menjadi sangat khas India.

Salah satunya yang menonjol adalah mengubah kotak cokelat Forrest yang terkenal menjadi hidangan jalanan yang populer di India, Golgappa – bola kecil roti pipih goreng, diisi dengan isian dan diberi kuah rempah.

Sepanjang film, ada begitu banyak kutipan bijak yang menghangatkan hati. Dari sana tentunya ada banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik oleh para penonton. Serta, penonton juga disuguhkan dengan pengetahuan tentang sejarah di India.

Laal Singh Chaddha.

Photo :
  • Istimewa

Pesan moral dalam film Laal Singh Chaddha juga dikemas sangat baik dengan penggambaran satu persatu masalah yang dihadapi oleh si pemeran utama. Salah satunya adalah soal keikhlasan, bahwa setiap orang harus siap untuk kehilangan orang-orang yang dicintainya.

Di sela-sela film juga diputarkan lagu-lagu soundtrack India dengan musiknya yang khas sehingga membuat saya merasa bahwa film ini memiliki nuansa yang sangat berbeda dari Forrest Gump.

Laal Singh Chaddha sangat cocok untuk ditonton bersama keluarga. Berbagai perasaan yang campur aduk dapat dirasakan dari keseluruhan jalannya cerita, mulai dari unsur komedi hingga adegan mengharukan yang membuat air mata mengalir. 

Laal Singh Chaddha sudah bisa disaksikan di seluruh bioskop Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya