Film Sri Asih Dibuat Sebagai Penghormatan pada RA Kosasih

Pevita Pearce di trailer Sri Asih.
Pevita Pearce di trailer Sri Asih.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Showbiz – Jagat Sinema Bumilangit akan kembali mempersembahkan cerita pahlawan super Indonesia, yaitu Sri Asih. Setelah sebelumnya sukses dengan Gundala, Sri Asih akan menjadi film pembuka bagi karakter pahlawan super selanjutnya sekaligus menjadi jawaban atas pertanyaan dari dunia Bumilangit.

Menengok ke belakang dalam sejarah fiksi Indonesia, Sri Asih adalah tokok pahlawan super wanita pertama yang tampil dalam cerita bergambar Indonesia. Ia muncul pertama kali pada tahun 1953 dan diciptakan oleh RA Kosasih.

Sri Asih juga sempat diangkat menjadi film pada tahun 1954 yang disutradarai oleh Turino Djunaidy dan Tan Sing Hwat. Kali ini, Sri Asih akan kembali ke layar lebar yang disutradarai oleh Upi Avianto dan dibintangi oleh Pevita Pearce.

Dari berbagai versi cerita Sri Asih yang pernah ada sebelumnya, Upi Avianto memastikan bahwa karyanya ini akan memberikan cerita yang lebih segar dengan tetap mempertahankan energi dari cerita aslinya.

Pevita Pearce di trailer Sri Asih.

Pevita Pearce di trailer Sri Asih.

Photo :
  • Istimewa

"Jadi Sri Asih itu ada beberapa macam versi komik. Ada versinya bapak Kosasih, Rengganis, dan Nani Wijaya," kata Upi dalam siaran di Space Twitter akun @sriasihofficial, Jumat 12 Agustus 2022.

"Nah sebenarnya yang saat ini adalah ceritanya, spirit-nya, kita ambil dari semua komik-komik itu," sambungnya.

Sang sutradara juga mengaku bahwa ia adalah penggemar RA Kosasih sejak kecil. Upi telah membaca banyak karya sang penulis hingga ia tidak perlu berpikir panjang untuk menerima tawaran film Sri Asih.

Upi mengatakan film garapannya ini juga akan menjadi wujud penghormatan bagi RA Kosasih yang telah menciptakan karakter Sri Asih di tahun 50-an silam.

Pevita Pearce di trailer Sri Asih.

Pevita Pearce di trailer Sri Asih.

Photo :
  • Istimewa

"Ceritanya memang kita harus bikin sendiri tapi ada spirit yang kita ambil dari komiknya. Gimanapun bahwa gue harus bikin (ceritanya)," ujar Upi.

"Jadi itu memang khusus gue bikin untuk tribute ke Bapak Kosasih," imbuhnya.

Upi Avianto diketahui telah sukses menyutradarai beberapa genre film, di antaranya My Stupid Boss, Radit dan Jani, Serigala Terakhir, dan masih banyak lagi.

Upi mengaku bahwa ini adalah kali pertamanya menyutradarai film pahlawan super sehingga ia harus banyak belajar untuk menciptakan karya yang terbaik. Upi mendapatkan tantangan tersendiri untuk menyurradari film tersebut, sebab ia mengaku bahwa dirinya bukan penggemar film pahlawan super.

Film Sri Asih dijadwalka tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 6 Oktober 2022 mendatang.