6 Film Indonesia Diangkat dari Kisah Nyata, Terbaru Sayap-Sayap Patah

Ariel Tatum dan Nicholas Saputra
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA Showbiz Film Indonesia yang terinspirasi dari kisah nyata memang cukup banyak. Film tersebut bukan hanya menjadi hiburan belaka, tapi juga menjadi inspirasi untuk para penontonnya. Apalagi, dunia perfilman saat ini semakin maju dan berkembang, sehingga seseorang bisa mengabadikan kisah perjalanan hidupnya dalam sebuah film. 

Nayla Purnama Jadi Peran Utama di Film Horor Vina: Sebelum 7 Hari, Diangkat dari Kisah Nyata Viral

Selain menyuguhkan tentang kisah tokoh Indonesia yang berpengaruh, sejumlah film Indonesia yang diangkat dari kisah nyata juga disadur dari kejadian atau peristiwa yang pernah terjadi di sekitar kita. Tentu, salah satu tujuan film Indonesia mengangkat kisah nyata adalah untuk memberikan informasi serta pesan kepada para penontonnya. 

Untuk itu, berikut ulasan mengenai film Indonesia yang diangkat dari kisah nyata seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

Tayang di Hari Kelima, Ini Jumlah Penonton Film Horor Badarawuhi di Desa Penari dan Siksa Kubur

1. Danur : I Can See Ghost

Film Danur.

Photo :
  • U-Report
Rahasia di Balik Larisnya Film Horor Indonesia, Prilly Latuconsina Bongkar!

Film tersebut diangkat dari sebuah buku yang ditulis oleh Risa Saraswati, ia menulis buku ini menurut kisah nyata perjalanan hidupnya. Danur menceritakan kisah Risa seorang anak perempuan yang merasa kesepian dan berharap ada seorang teman untuk menemani dirinya bermain. 

Tidak disangka, hadir empat orang anak laki-laki sebayanya. Tapi, anehnya hanya Risa saja yang bisa melihat ketiga anak laki-laki tersebut. Rupanya, mereka adalah hantu anak Belanda yang pernah menjajah Indonesia. Disutradarai oleh Awi Suryadi, film ini rilis di Indonesia pada 30 Maret 2017 dan sudah dirilis di beberapa negara. 

2. Hafalan Sholat Delisa

Film Hafalan Shalat Delisa

Photo :
  • klikstarvision.com

Film Indonesia yang satu ini juga diangkat dari kisah nyata. Sebelum diangkat ke dalam bentuk film, kisah nyata ini diabadikan dalam bentuk novel karya Tere Liye, yang begitu laris di pasaran. Film ini menceritakan kisah korban yang selamat dalam tragedi tsunami Aceh beberapa tahun yang lalu. 

Gadis kecil bernama Delisa tengah bersiap untuk praktik sholat, tapi secara tiba-tiba terjadi gempa yang menyebabkan tsunami besar di Aceh. Delisa berhasil diselamatkan, tapi tidak dengan ibu dan ketiga orang kakaknya. Film yang satu ini sudah dirilis sejak tanggal 22 Desember 2011 dan disutradarai oleh Sony Gaokasak. 

3. Habibie & Ainun

Film Habibie & Ainun

Film Habibie & Ainun

Photo :
  • facebook.com/pages/MD-Entertainment

Film Indonesia ini diangkat dari kisah nyata perjalanan B.J. Habibie bersama sang istri yang bernama Ainun. Dalam film tersebut diceritakan bahwa Rudy Habibie adalah seorang yang sangat ahli dan genius dalam bidang pesawat terbang yang mempunyai mimpi besar. 

Sementara sang istri, Ainun, merupakan seorang dokter muda yang mempunyai karier terbuka lebar untuk dirinya dan juga seseorang yang cerdas. Untuk Habibie, Ainun adalah segalanya. Film ini dirilis tanggal 20 Desember 2012 silam dan disutradarai oleh Faozan Rizal. 

4. Sayap-Sayap Patah

Ariel Tatum dan Nicholas Saputra

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Film Sayap-Sayap Patah ini mengangkat kisah nyata mengenai peristiwa pembobolan rutan oleh para teroris yang terjadi di Mako Brimob pada tahun 2018 silam yang menewaskan sebanyak lima anggota Densus 88. Sementara itu, Nicholas Saputra berperan sebagai Adji, anggota Densus 88 dan Ariel Tatum berperan sebagai Nani. 

Kebahagiaan pasangan Adji dan Nani semakin lengkap saat Nani mengandung. Namun, karena pekerjaannya sebagai anggota Densus 88, Adji tidak selalu menemani Nani. Suatu ketika, sebuah rutan dibobol para tahanan dan memicu kerusuhan besar. Film ini sudah tayang sejak tanggal 18 Agustus 2022 dan disutradari oleh Rudi Soedjarwo. 

5. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Merry Riana Geluti Investasi Trading Forex

Photo :

Film Indonesia ini adalah kisah nyata Merry Riana, seorang motivator Indonesia yang sukses mengubah mimpi sejuta dolarnya menjadi kenyataan. Cerita dalam film ini bermula saat Merry Riana lulus SMA dan terpaksa harus mengungsi ke Singapura lantaran kondisi di Indonesia sedang tidak stabil. 

Hal ini karena kerusuhan yang terjadi pada Mei 1998 di Jakarta, orang tua Merry terpaksa harus menjual barang-barang mereka yang ada. Hasilnya, hanya bisa membeli satu tiket pesawat ke Singapura. Film yang dibintangi oleh Chelsea Islan dan Dion Wiyoko itu sudah tayang sejak Desember 2014 silam. 

6. 3 Srikandi

Film 3 Srikandi

Photo :
  • Tangkapan layar youtube/MVP Entertainment ID

3 Srikandi adalah sebuah film biopik yang diangkat dari kisah perjuangan tiga atlet asal Indonesia yang bernama Nurfitriyana Saiman, Lilies Handayani, dan Kusuma Wardhani. Mereka adalah seorang pemanah perempuan Indonesia pertama yang sukses memenangkan medali Olimpiade. 

Kisah berawal sejak tahun 1988, Indonesia mempersiapkan diri untuk tampil dalam Olimpiade Musim Panas di Seoul. Ketika itu, cabang panahan berada di titik kritis sehingga memerlukan pelatihan yang dapat menyiapkan tim panahan wanita dalam waktu yang singkat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya