Deretan Film Indonesia Terlaris 2022, Adakah Film Favorit Kamu?

Cast film Sayap Sayap Patah
Cast film Sayap Sayap Patah
Sumber :
  • IG @sayapsayappatahfilm

VIVA Showbiz – Dunia perfilman Indonesia kembali menggeliat usai terdampak pandemi COVID-19 selama lebih dari dua tahun. Di bulan September 2022 ini, market share penonton bioskop film-film Indonesia jauh mengungguli jumlah penonton film asing. 

Adinda Thomas dalam Film KKN di Desa Penari

Adinda Thomas dalam Film KKN di Desa Penari

Photo :
  • Instagram/@kknmovie

Menurut data dari filmindonesia.or.id, hingga artikel ini dibuat, sederet film-film Tanah Air mencetak kesuksesan dengan meraih jutaan penonton pada tahun 2022 ini. Film-film itu di antaranya adalah KKN Desa Penari yang diproduksi oleh MD Pictures meraih 9.233.847 penonton, kemudian ada film horor garapan Joko Anwar yakni Pengabdi Setan 2 meraih 6.390.970 penonton.

Pengabdi Setan 2: Communion.

Pengabdi Setan 2: Communion.

Photo :
  • Instagram @jokoanwar

Kemudian di posisi ketiga, ada film yang akhir-akhir ini viral yakni Miracle In Cell No 7 dengan meraih 3.543.856 penonton. Sebagai informasi, film Miracle In Cell No 7 yang diproduksi oleh Falcon Pictures tersebut, hingga saat ini masih tayang di bioskop. 

Film Miracle In Cell No 7

Film Miracle In Cell No 7

Photo :
  • IG @miracleincellno7movie

Kemudian di posisi keempat ada film Ngeri-ngeri Sedap meraih 2.886.121 penonton. Film Ngeri-ngeri Sedap dipilih untuk mewakili Indonesia dalam ajang Oscar 2023. Selanjutnya ada film horor garapan Kimo Stamboel yakni Ivanna meraih 2.793.775 penonton. 

Poster Film Ivanna

Poster Film Ivanna

Photo :
  • IG @danurmovie

Selanjutnya ada film Sayap-Sayap Patah dengan 2.414.405 penonton, Mencuri Raden Saleh yang dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Angga Yunanda meraih 2.248.931 penonton. Ku Kira Kau Rumah meraih 2.220.180 penonton, The Doll 3 meraih 1.764.077 penonton, dan dan Kuntilanak 3 meraih 1.313.304 penonton.

Film Sayap Sayap Patah

Film Sayap Sayap Patah

Photo :
  • Instagram

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima VIVA, dengan jumlah penonton tersebut, membuat market share penonton film di bioskop dengan persentase 61 persen untuk film Indonesia, 39 persen untuk film asing.

"Puji Tuhan, sebuah kebanggaan buat kami, karena saat ini pecinta film Tanah Air begitu cintanya dengan film-film Indonesia. Apalagi film Miracle In Cell No 7 yang saat ini masih tayang di bioskop, menjadi salah satu film yang memperoleh penonton di atas 3 juta. Kabar ini, menjadi penyemangat buat kami, untuk dapat berkarya lebih baik lagi,” kata Produser Falcon Pictures, Frederica.

Sementara itu Ketua Asosiasi Perusahaan Film Indonesia atau APFI, Chand Parwez mengaku sangat senang dengan perolehan tersebut.

"Alhamdulillah, ini sejarah pertama dalam dunia film, kalau film Indonesia bisa melebihi perolehan penonton film barat. Saya berharap bisa bertahan sampai akhir tahun. Saya juga senang karena APFI juga mempunyai kontribusi dalam peroleham tersebut," kata Chand Parwez.

Selain dibioskop, market share penonton film tersebut juga dihitung dari film-film yang tayang di Over The Top atau OTT.