Pemeran Hagrid di Harry Potter Meninggal Dunia

Pemeran Hagrid dalam sekuel Harry Potter, Robbie Coltrane
Sumber :
  • Hollywood Reporter

VIVA SHowbiz – Kabar duka datang dari keluarga Harry Potter. Pemeran Hagrid dalam sekuel Harry Potter, Robbie Coltrane meninggal dunia di usia yang ke-72 pada Jumat 14 Oktober 2022 waktu setempat. Kabar ini diungkap langsung oleh agensi yang menaungi Robbie Coltrane, Belinda Wright.

Kenali Kebiasaan Dobby Syndrome, Heboh karena Zee JKT48 Dibilang Mirip Karakter di Film Harry Potter

Belinda Wright juga mengungkapkan bagaimana sosok mendiang pemeran Hagrid tersebut sebagai sosok yang memiliki bakat unik dan sosok yang setia. Scroll yuk untuk simak artikelnya.

"Selain sebagai aktor yang luar biasa, dia secara forensik cerdas dan sangat cerdas, dan setelah 40 tahun bangga disebut agennya, saya akan merindukannya," kata dia mengutip laman The Hollywood Reporter.

Kisah Pemeran Pengganti Harry Potter yang Lumpuh saat Syuting Akan Diangkat Jadi Dokumenter

Kabar duka ini juga membuat keluarga Harry Potter begitu kehilangan. Mereka pun kembali mengenang sosok Robbie Coltrane melalui media sosial mereka.

"Saya tidak akan pernah mengenal siapa pun dari jarak jauh seperti Robbie lagi. Dia adalah bakat yang luar biasa, yang lengkap, dan saya sangat beruntung mengenalnya, bekerja dengannya dan tertawa bersamanya. Saya mengirimkan cinta dan belasungkawa terdalam saya kepada keluarganya," tulis penulis Harry Potter J.K. Rowling.

Daniel Radcliffe Ungkap Momen Paling 'Mengerikan' saat Pertama Kali Jadi Ayah

Pemeran Harry Potter yang juga selalu banyak scene bersama Hagrid, Daniel Radcliffe pun mengungkap sosok Robbie Coltrane adalah salah satu orang paling lucu yang pernah ditemuinya. Robbie juga selalu membuat dia dan rekan-rekannya tertawa terus-menerus sebagai anak-anak di lokasi syuting.

"Saya terutama memiliki kenangan indah tentang dia menjaga semangat kami di Tahanan Azkaban, ketika kami semua bersembunyi dari hujan lebat selama berjam-jam di gubuk Hagrid dan dia bercerita dan membuat lelucon untuk menjaga semangat kami. Saya merasa sangat beruntung bisa bertemu dan bekerja dengannya dan sangat sedih karena dia meninggal. Dia adalah aktor yang luar biasa dan pria yang menyenangkan," tulis Daniel Radcliffe.

Emma Watson, yang memerankan Hermoine Granger di Potter mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dibagikan di instatorynya yang menyebut bahwa Robbie sudah diangapnya seperti paman.

"Robbie adalah paman yang paling menyenangkan yang pernah saya miliki, tetapi yang terpenting, dia sangat peduli dan berbelas kasih kepada saya sebagai seorang anak dan seorang dewasa. Bakatnya sangat besar sehingga masuk akal jika dia berperan sebagai raksasa dia bisa mengisi ruang APAPUN dengan kecemerlangannya. Robbie, jika saya bisa bersikap baik seperti Anda kepada saya di lokasi syuting, saya berjanji akan melakukannya.  Ketahuilah betapa aku memuja dan mengagumimu. Aku akan sangat merindukan tindakan manismu, nama panggilanmu, kehangatanmu, tawamu, dan pelukanmu. Anda membuat kami menjadi keluarga. Ketahuilah bahwa Anda begitu bagi kami," tulis Emma Watson.

Bintang Potter lainnya termasuk Tom Felton, Bonnie Wright, Matthew Lewis dan banyak lagi juga memberikan penghormatan kepada mendiang aktor di media sosial.

Yang lain berbagi kenangan mereka termasuk Hugh Laurie, yang menulis di Twitter,

"Saya biasa berkendara dengan Robbie Coltrane antara Manchester dan London dalam MGA-nya. Saya akan menggulungnya rokok sementara dia berceramah tentang cara dunia, dan saya tidak berpikir saya pernah tertawa atau belajar begitu banyak dalam hidup saya," kata Hugh Laurie melalui twitternya.

Untuk diketahui, Robbie Coltrane memiliki nama asli Anthony Robert McMillan. Dirinya lahir pada 30 Maret 1950, di Glasgow, Skotlandia, sebagai putra seorang dokter dan guru. Setelah lulus dari Glasgow Art School, ia melanjutkan studinya di bidang seni di Moray House College of Education di Edinburgh.

Tetapi karena usahanya untuk menjadi seorang seniman gagal, Coltrane mengambil stand-up comedy di klub-klub Edinburgh. Dan dia mengubah nama belakangnya untuk menghormati legenda jazz John Coltrane saat dia beralih ke akting di London.

Dirinya pertama kali masuk TV dengan membintangi sejumlah serial seperti Flash Gordon, Blackadder dan Keep It in the Family. Sementara itu, untuk karirnya di dunia komedi dirinya sempat membintagi beberapa serial komedi seperti  A Kick Up the Eighties, The Comic Strip dan Alfresco saat ia menjadi andalan di layar TV Inggris.

Tak hanya itu saja pemeran Hagrid ini juga pernah memainkan Dr. Edward "Fitz" Fitzgerald, seorang psikolog kriminal anti-sosial dengan bakat untuk memecahkan kejahatan, dalam seri Cracker Jimmy McGovern, yang berlangsung lebih dari 25 episode antara 1993 dan 2006. Karena aktingnya yang luar biasa, Robbie Coltrane memenangkan tiga penghargaan aktor televisi terbaik BAFTA berturut-turut untuk peran itu, berbagi rekor kemenangan terbanyak berturut-turut.

Penampilan itu membuat Coltrane berperan dalam dua film James Bond, dan memerankan Valentin Zukovsky di GoldenEye dan The World Is Not Enough. Tapi kebanyakan tahu Coltrane dari peran pendukung besar lainnya seperti: Rubeus Hagrid, penjaga taman raksasa di Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry, dalam film Harry Potter.

Selain itu, Robbie Coltrane diketahui juga pernah menulis sebuah otobiografi, Coltrane in a Cadillac, dan juga membintangi serial TV dengan nama yang sama pada tahun 1993, di mana ia berkendara melintasi Amerika dari Los Angeles ke New York City dengan Cadillac 1951 klasik.

Coltrane meninggalkan seorang saudara perempuan, Annie Rae, anak-anaknya, Spencer dan Alice, dan ibu mereka, Rhona Gemmell.

"Keluarga mengucapkan terima kasih kepada staf medis di Rumah Sakit Forth Valley Royal di Larbert, Skotlandia atas perawatan dan diplomasi mereka," kata pihak keluarga melalui agensi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya