Arsip Film Nasional India Rencanakan Restorasi Ribuan Film Klasik Bollywood

Tak Kalah Seru! Berikut 10 Film Bollywood Bertema Tarian
Sumber :
  • antv

VIVA Showbiz  – Badan Arsip Film Nasional India (NFAI) bakal merestorasi lima ribu film klasik Bollywood, seperti Pratidwandi alias The Adversary (1970) dan Shatranj Ke Khilari atau The Chess Players (1977).

India Alami Lonjakan Korban Tewas Akibat Cuaca Panas

Bikin Iri, Inilah 5 Rumah Selebriti Bollywood Dengan Balkon Mewah

Photo :
  • antv

Diberitakan Variety pada Minggu, 27 November 2011. Kegiatan restorasi tersebut akan dilakukan NFAI melalui lembaga di bawahnya, National Film Heritage Mission (NFHM).

Dave Laksono Bicara Manfaat BRICS Walau Keanggotaan Indonesia Masih Didalami

NFHM disebut memiliki fungsi untuk memastikan sisa usia dari film-film lawas, pemulihan kualitas gambar dan suara film lama, restorasi, digitalisasi, hingga pelatihan arsip film serta penggunaan web dan TI untuk arsip film.

Usaha NFAI dalam menjaga harta budaya perfilman India tersebut ditunjukkan dalam sebuah pameran bertajuk Film Bazaar di Goa, India.

Dipercaya Ribuan Tahun Obati Penyakit, Pengobatan Ayurveda Kini Dipakai untuk Perawatan Rambut

"Kami ingin menunjukkan pentingnya pelestarian film dan bahan tambahan terkait, yang telah dilakukan oleh NFAI," kata Kepala NFAI, Ravinder Bhakar.

6 Film Bollywood yang Alami Kerugian Besar di Box Office India

Photo :
  • antv

Dalam acara itu, NFAI memamerkan gulungan film 35mm, proyektor 16mm yang masih bisa bekerja, poster langka, buklet lagu, dan berbagai wadah penyimpanan film lawas India seperti VHS juga Beta Tapes.

Mereka juga memamerkan berbagai capaian NFHM yang akan melakukan restorasi terhadap ribuan film lawas Bollywood.

"Kami ingin industri tahu tentang misi ini, di mana ribuan fitur, dokumenter, dan film pendek didigitalkan dan pada akhirnya akan dipulihkan," kata Bhakar.

NFAI dibangun pada 1964 sebagai bagian unit dari Kementerian Informasi dan Penyiaran India. Tugas utama lembaga itu adalah memperoleh dan melestarikan legasi sinematik India.

Tugas NFAI termasuk pelestarian bahan film dan non-film, termasuk pada seluloid, potongan adegan, salindia kaca, poster, lobby cards, naskah, dan buklet lagu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya