Marsha Aruan Kesulitan Berbahasa Jawa Solo di Film Nagih Janji Cinta

Marsha Aruan
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

VIVA Showbiz – Marsha Aruan berkesempatan untuk berperan sebagai Ajeng Larasati dalam film Nagih Janji Cinta yang disutradarai oleh Rizki Balki dan diproduksi oleh PIM Pictures. Film yang menceritakan tentang Ajeng yang berasal dari kalangan ningrat, memperjuangkan cintanya kepada Bagas (Irzan Faiq) yang merupakan anak seorang petani.

7 Negara Paling Beragam di Asia, Indonesia Nomor Segini

Unsur Jawa terutama adat Solo yang lekat dalam film ini membuat Marsha merasakan tantangan yang cukup berat. Terutama dalam mempraktikkan bahasa Jawa Solo selama proses pembuatan film. Mengingat ia merupakan keturunan Sumatera.

Marsha Aruan dan Deven Christiandi Putra

Photo :
  • VIVA/May Evita
Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Dalam suatu kesempatan, Marsha Aruan menceritakan kesulitan yang dialaminya saat proses garap film Nagih Janji Cinta. Salah satu yang cukup sulit untuknya adalah mengikuti cara bicara atau logat dari Jawa Solo yang identik dengan tutur bahasa yang halus.

“Lumayan sulit ya, karena kan aku orang Sumatera ya. Jawa Solo menurut aku tantangannya lumayan besar,” kata Marsha Aruan saat ditemui VIVA di kawasan Pulogadong, Jakarta Timur.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

“Sebagai orang Sumatera, kita ngomong aja kan udah dikira marah-marah, terus kalo ngomong kan ceplas-ceplos seadanya aja. Sedangkan, Jawa Solo menjaga banget sopan santun, terus juga cara bicaranya yang agak sulit,” timpalnya.

Menurutnya, yang paling sulit dalam mengikuti gaya bahasa Jawa Solo adalah tone suara dalam bicara. Dalam adat Jawa identik dengan nada bicara yang halus dan lembut. 

Marsha Aruan dan Deven Christiandi Putra

Photo :
  • VIVA/May Evita

Namun, Marsha Arun tetap berusaha sepenuhnya untuk bisa mendalami peran sebagai Ajeng dalam film Nagih Janji Cinta yang merupakan gadis keturunan Jawa Solo.

“Tapi karena di sini aku berperan sebagai Ajeng dan aku ingin sepenuhnya menjadi Ajeng. Ya udah aku berubah diri aku untuk ‘ya udah Ajeng itu putri Solo, orang Jawa Solo’,” ungkap Marsha Aruan.

Diketahui, para pemain film Nagih Janji Cinta telah mempelajari bahasa Jawa mulai dari bulan Februari. Bersamaan dengan proses membaca naskah film bersama dengan bintang lainnya. Namun sayangnya, Marsha tidak bisa hadir langsung karena sedang positif COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya