Sutradara Nolan Bikin Adegan Ledakan Nuklir Tanpa CGI untuk Film Oppenheimer

Film Oppenheimer
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Showbiz – Christopher Nolan dikenal sebagai sutradara yang totalitas dalam menggarap film, termasuk untuk film terbarunya, Oppenheimer. Kali ini ia mengaku membuat adegan ledakan senjata nuklir tanpa CGI alias tanpa bantuan komputer.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Berbicara dengan Total Film Magazine yang dirilis Selasa, 13 Desember 2022, Nolan menyebut hal itu perlu dilakukan karena filmnya ini soal J Robert Oppenheimer, sosok penting Manhattan Project dan pencipta bom atom di Perang Dunia 2.

Christopher Nolan.

Photo :
  • Instagram/christophernolanofficial
5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan

"Saya pikir membuat kembali Trinity [kode peledakan senjata nuklir pertama yang terjadi di New Mexico pada Juli 1945 tanpa grafis komputer adalah tantangan besar yang harus dihadapi," kata Nolan.

Nolan memang sudah dikenal lebih gemar memilih efek secara langsung alih-alih efek visual. Bahkan ketika menggarap Tenet, ia sungguh-sungguh meledakkan pesawat Boeing 747. Sehingga menurut Variety, tinggal menunggu waktu Nolan akan bereksperimen dengan senjata nuklir saat diumumkan bakal menggarap film soal pembuat senjata nuklir.

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Umumkan Tanggal Tayang

"Andrew Jackson, pengawas efek visual saya, saya sudah mengajaknya sejak awal, sedang mengawasi bagaimana kami bisa melakukan banyak elemen visual film secara praktik," kata Nolan.

"Dari menggambarkan soal dinamika termal dan fisik tubuh hingga tes Trinity ini, hingga menciptakan kembali, dengan tim saya," lanjutnya.

"Los Almos yang ada di New Mexico punya cuaca luar biasa, banyak yang dibutuhkan untuk film ini dalam kondisi yang sangat keras di luar sana, ada tantangan praktik yang sangat besar," kata Christopher Nolan.

Nolan juga menyebut bahwa Oppenheimer menjadi film yang memiliki kisah dengan cakupan dan skala yang sangat besar. Ia pun tak sungkan menyebut ini salah satu tantangan terbesar dalam kariernya.

"Ini salah satu dari proyek paling menantang yang pernah saya ambil dalam artian skalanya, dan terkait dalam menghadapi luasnya cerita Oppenheimer," kata Nolan. "Ada tantangan praktik yang besar, tantangan logistik yang juga besar,"

Film Oppenheimer

Photo :
  • Istimewa

"Namun saya memiliki kru yang luar biasa, dan mereka benar-benar jago. Ini akan memakan waktu sebelum kami benar-benar rampung. Namun sejauh ini pengamatan saya, dan saat saya menyusunnya, saya senang dengan apa yang telah dicapai oleh tim saya," kata Christopher Nolan.

Oppenheimer diadaptasi dari buku American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin.

Buku tersebut merupakan biografi dari sosok J. Robert Oppenheimer dan berhasil meraih penghargaan bergengsi Pulitzer Prize. Film ini akan mengikuti kisah J. Robert Oppenheimer (Cillian Murphy), seorang fisikawan yang karyanya di Proyek Manhattan berujung pada penemuan bom atom.

Christopher Nolan mengisi kursi direktur sekaligus penulis naskah untuk film ini.  Syncopy dan Atlas Entertainment akan menjadi perusahaan yang memproduksi film ini, bersama dengan Universal Pictures sebagai distributornya.

Adapun proses syuting dilakukan pada awal Maret mendatang di tiga tempat, yaitu New Mexico, California, dan New Jersey. Untuk film ini, Nolan akan mengambil gambar menggunakan IMAX dan kamera film 65 mm. Oppenheimer dijadwalkan tayang 21 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya