Gambarkan Keberanian Pemuda di Film Autobiography, Yusuf Mahardika: Kalau Speak Up, Mati!

Yusuf Mahardika
Sumber :
  • IG @mahardikayusuf

VIVA Showbiz – Aktor Yusuf Mahardika akan kembali menghibur para sineas melaui film terbaru yaitu Autobiography. Film garapan sutradara Makbul Mubarak tersebut awalnya membuat Yusuf merasa heran dan kebingungan dengan jalan ceritanya.

Rahasia di Balik Larisnya Film Horor Indonesia, Prilly Latuconsina Bongkar!

Di film Autobiography, Yusuf Mahardika berperan sebagai Agus, yaitu seorang pemuda desa yang berani menyuarakan pendapatnya kepada para penguasa. Tak tanggung-tanggung, Agus bahkan rela mengorbankan dirinya demi di dengar oleh khalayak. Scroll selanjutnya.

Jalan cerita film ini membuat Yusuf tertarik untuk bergabung. Aktor 23 tahun itu merasa kagum dengan sang sutradara yang bisa menyampaikan kisah dengan sangat apik. Inti cerita tentang relasi kekuasaan di negeri ini pun memberikan pelajaran yang berharga bagi Yusuf.

Prilly Latuconsina Bangga, Film Budi Pekerti Dipuji Menlu Retno Marsudi

Film Autobiography.

Photo :
  • Instagram

“Ketika selesai baca, saya bertanya ke Makbul, ini film apa sih? Kayak, lu kok bisa nulis gini sih, apa yang mau disampaikan? Dan ternyata setelah dia menjelaskan itu, baru kayak oh ternyata tentang relasi kuasa,” kata Yusuf Mahardika, dalam konferensi pers di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Selasa 17 Januari 2023.

Prilly Latuconsina Angkat Bicara Soal Film Horor Religi Indonesia yang Sedang Ramai Disorot

Secara pribadi, menurut Yusuf, menjadi pemuda seperti Agus yang berani menyuarakan pendapat di negeri ini sangat berisiko bahkan bisa mengancam nyawa. Meskipun yang disampaikan adalah perihal kebenaran, tetapi hal-hal buruk tetap bisa terjadi.

“Yang gua pelajarin ya, waduh kalau speak up mati. Dari karakter Agus ini kan kita tahu banyak orang yang tahu kebenarannya tapi memilih diam. Tapi Agus ini kebalikannya. Kalau yang didapat dari karakter, menyuarakan sesuatu kebenaran,” kata Yusuf.

Film Autobiography.

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar

Film Autobiography bercerita tentang sosok Rakib (diperankan oleh Kevin Ardilova) dengan ayahnya di penjara dan saudara laki-lakinya di luar negeri untuk bekerja, Rakib bekerja sebagai pengurus rumah tangga tunggal di sebuah rumah kosong milik Purna (Arswendy Bening Swara)seorang pensiunan jenderal yang klan keluarganya telah mengabdi selama berabad-abad di sebuah kota pedesaan di Indonesia.

Setelah Purna kembali ke rumah untuk memulai kampanye pemilihan Bupati, Rakib terikat dengan lelaki tua itu, yang menjadi mentor dekat dan figur ayah, dan menemukan panggilannya sebagai asisten Purna dalam pekerjaan dan kehidupan. Ketika poster pemilihan Purna ditemukan dirusak suatu hari, Rakib tidak ragu untuk melacak pelakunya, memicu rantai kekerasan yang meningkat.

Film panjang pertama sutradara dan penulis skenario Makbul Mubarak ini dibintangi oleh antara lain Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Rukman Rosadi, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan Alm. Gunawan Maryanto. Film Autobiography siap tayang di bioskop mulai 19 Januari 2023 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya