Menkes Komentari Serial The Last of Us, Wabah Zombie Mungkin Terjadi di Dunia Nyata?

Film The Last of Us
Sumber :
  • Instagram @thelastofus

VIVA ShowbizSerial HBO terbaru yang diadaptasi dari video game berjudul The Last of Us sedang hangat diperbincangkan, lantaran berlatar belakang Indonesia. Dalam serial yang turut dibintangi oleh aktor Tanah Air, Christine Hakim dan Yayu Unru tersebut, pandemi zombie berasal dari merebaknya wabah di Jakarta, yang diakibatkan oleh jamur Cordyceps.

Penampilan Terkini Pemeran Sun Go Kong di Serial Populer 1990-an Kera Sakti

Viralnya serial yang baru dua episode tayang di HBO GO ini ternyata turut direspons oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. Menurutnya, serial yang dibintangi Pedro Pascal dan Bella Ramsay ini sangat menarik. Ia pun mengungkapkan dua alasan serial ini harus ditonton. 

“Menarik untuk melihat film The Last of Us (HBO Go), setidaknya dalam 2 hal. Pertama, pandemi yang berpotensi paling sulit diatasi adalah Pandemi yang disebabkan oleh Pathogen-Fungi/Jamur. Bukan yang disebabkan oleh Pathogen-Virus (eg:covid), Pathogen-Bakteri (eg:TBC), atau Pathogen-Parasyte (eg:Malaria),” ujarnya dalam keterangan yang diterima VIVA, Kamis, 26 Januari 2023.

Kumpulan Tontonan Film dam Serial Seru di Disney+ Hotstar untuk Temani Mudikmu!

“Di film ini, awal Pandemi dimulai dari Jakarta. Kadang-kadang film itu seperti bisa melihat masa depan, semoga tidak,” imbuhnya.

Sebagai informasi, The Last of Us merupakan sebuah serial adaptasi video game populer berjudul sama, yang pertama kali dirilis pada 2013 silam. Serial ini terdiri dari 9 episode, di mana episode terbaru tayang setiap pekan.

Bagaimana Membedakan Gejala Infeksi dengan Penyakit Biasa pada Anak?

Serial HBO asal Amerika ini telah resmi ditayangkan perdana pada 15 Januari 2023 lalu dan menjadi serial yang memiliki pertumbuhan penonton terbesar dari penayangan minggu pertama ke minggu kedua dalam sejarah serial drama HBO Original. 

Sinopsis The Last of Us 

Film The Last of Us

Photo :
  • Instagram @thelastofus

The Last of Us Season 1 episode pertama, diawali dengan cerita tokoh utama bernama Joel (Pedro Pascal) dan anaknya, Ellie (Bella Ramsey). Mereka harus bertahan hidup di tengah wabah jamur bernama Cordyceps yang menyerang Amerika Serikat. 

Wabah ini bermula pada tahun 2003 atau 20 tahun yang lalu, saat sebuah virus jamur telah menginfeksi seseorang di Indonesia dan menyebar ke berbagai negara. Kondisi inilah yang menyebabkan kekacauan dan pandemi dunia.

Tidak hanya itu, peradaban dunia modern dan teknologi juga seketika hancur. Beberapa orang yang selamat termasuk Joel dan rekannya Tess (Anna Torv), mengungsi di zona karantina Boston yang dikelola oleh Badan Penanggulangan Bencana Federal. 

Namun, Joel dan Tess memutuskan untuk keluar dari zona karantina tersebut untuk memecahkan solusi wabah zombie ini. Mereka akan melewati berbagai perjalanan untuk bertahan hidup dan mengubah kondisi yang mencekam itu. 

Dalam perjalanannya, barulah Joel bertemu dengan Ellie, seorang gadis 14 tahun yang diduga sebagai pemecah masalah virus dan akan bekerja sama untuk melewati semua masalah yang ada. 

Menampikan Aktor dan Aktris serta Tempat di Indonesia 

Serial HBO, The Last of Us.

Photo :
  • Instagram @thelastofus.

Serial The Last of Us Season 1 berlanjut pada episode kedua yang mengisahkan asal muasal terjadinya wabah virus zombie. Pada awal episode kedua, ditunjukkan latar kota Jakarta pada 24 September 2003 silam. 

Aktris senior Indonesia, Christine Hakim terlihat saat awal film ini diputar. Ia berperan sebagai Profesor Mikologi bernama Ratna berasal dari Universitas Indonesia. 

Saat sedang makan, Ratna dijemput oleh lelaki berseragam militer bernama Agus Hidayat yang juga diperankan oleh aktor Indonesia, yakni Yayu Unru. 

Ratna dijemput untuk diantarkan ke sebuah ruang laboratorium. Di sana ia dihadapkan dengan mayat yang telah terinfeksi jamur bernama Cordyceps. 

Sebagai ilmuwan, Ratna memeriksa mayat tersebut guna diidentifikasi. Akan tetapi, ia tidak bisa menemukan obat yang bisa mengatasi infeksi itu selain dengan bom.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya