Riset Sejarah, Nia Dinata Garap Film soal Founding Fathers

Nia Dinata
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA.co.id – Salah satu sutradara kenamaan Indonesia, Nia Dinata mengaku sedang melakukan sebuah riset untuk mengangkat film bertema sejarah Indonesia. Proses riset yang dilakukan bersama timnya itu, hingga saat ini sudah berjalan sekitar 50 persen.

Perjalanan Karier Komika Babe Cabita, Juara SUCI 3 Kini Bisnis Kuliner

"Proyek yang akan dibuat nanti masih dalam proses, saat ini lagi riset tentang film sejarah," kata Nia saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 14 Agustus 2017.

Ketika ditanya tema sejarah nasional apa yang hendak diangkatnya ke dalam film tersebut, Nia pun masih merahasiakannya. Dia hanya menjelaskan, film yang akan mengangkat kisah tentang tokoh-tokoh founding fathers Indonesia itu, tengah diriset dari berbagai sumber di Arsip Nasional RI, dan data geografis dari sejumlah wilayah di Indonesia yang berkaitan. 

Ditonton 100 Ribu Orang, Film Onde Mande! Tambah Layar

Bahkan, ia sampai mewawancarai orang-orang yang dianggap memiliki informasi berharga terkait sejarah itu. "Nantinya film ini akan mencoba untuk mengingatkan masyarakat bahwa founding fathers kita pemikirannya sangat jauh terbuka. Bhinneka Tunggal Ika," kata Nia.

Ketika ditanya apakah film garapannya ini merupakan film bertema biopik, Nia pun menyangkalnya. Dia menjelaskan, film ini merupakan film fiksi, yang korelasi ceritanya terkait keberagaman suku, ras dan agama, memiliki benang merah yang secara jelas mengangkat semangat persatuan Indonesia.

Main di Film Kun Ana Wa Anta, Abe Moore Ketagihan Berakting

"Bukan biopik. Ini film fiksi yang diinspirasi dari persahabatan founding fathers kita dari berbagai suku dan agama. Ada yang mewakili agama tertentu, suku tertentu, misalnya dari Jawa, Sumatera, dan Kalimantan," ujarnya.

Hingga saat ini, Nia mengaku belum menentukan penulis skenario untuk film tersebut. Bahkan, nama-nama pemainnya yang juga belum ditentukan. Rencananya, jika proses riset sejarah yang dilakukan Nia dan timnya itu bisa rampung pada tahun ini, proses syuting segera dikerjakan pada 2018.

Stani Arifasti

Meneropong Karier Stani Arifasti, dari Sinetron Lokal hingga Film Internasional

Stani Arifasti bukanlah wajah baru dalam film-film layar lebar, terutama yang mengusung tema budaya lokal. Ia telah membintangi beberapa judul film ternama.

img_title
VIVA.co.id
9 November 2023