Warner Bros dan DC Comics Digugat Soal Paten Nama Bumblebee

Bumblebee
Sumber :
  • Paramont Pictures

VIVA.co.id – Dalam rencana memfilmkan salah satu autobot di film Transformer, Bumblebee, pihak Warner Bros dan DC Comics harus menghadapi sebuah gugatan, yang dilayangkan oleh sebuah perusahaan mainan asal Amerika Serikat, Hasbro.

Banyak Pemotor Nakal di Jakarta, 'Bumblebee' Turun Tangan

Sebab, nama Bumblebee yang dimiliki DC untuk sebuah karakter superheronya itu, ternyata memiliki kesamaan nama dengan salah satu merk dagang milik Hasbro.

Hasbro melayangkan gugatan itu kepada Warner Bros dan DC Comics, karena merasa keberatan atas penggunaan nama Bumblebee yang diperankan oleh autobot kuning jagoan mereka.

Aktor Bumblebee Tegaskan Diri Sebagai Fans BTS, Ini Anggota Favoritnya

Hasbro, bahkan mengklaim bahwa mereka sudah menjual mainan Bumblebee sejak tahun 1983, yakni dengan karakter seorang gadis remaja dengan kemampuan untuk menyusut.

Mereka, bahkan telah mematenkan merek dagang Bumblebee pada 15 Juli 2015, hingga akhirnya terdaftar pada tanggal 22 Desember 2015.

Bumblebee, Misi Penyelamatan Bumi dengan Cerita Menghibur

“Penggunaan merek tidak benar yang dilakukan oleh tergugat, dan atau pemegang lisensi mereka, kemungkinan bisa menimbulkan kebingungan, kesalahan, dan atau penipuan di kalangan masyarakat mengenai sumber Barang Tergugat,” demikian isi gugatan yang dilayangkan pihak Hasbro, sebagaimana dikutip dari Variety.

Diketahui, DC Comics dan Warner Bros sendiri sebelumnya juga telah mengumumkan kemunculan franchise DC Super Hero Girls mereka pada bulan April 2015, dimana serial ini menampilkan superhero DC versi muda, termasuk Batgirl dan Harley Quinn.

Bahkan, karakter Bumblebee milik DC akhirnya juga keluar dalam serial ini, dimana dia dikisahkan sebagai seorang penggila teknologi yang memiliki kekuatan super dan mampu menyusut. Karakter asli pertama Bumblebee diperkenalkan oleh DC pertama kali pada tahun 1977, melalui sebuah buku komik berjudul 'Teen Titans'.

Dalam upaya menanggapi gugatan ini, pihak Warner Bros sendiri sampai saat ini belum memberikan tanggapan mengenai permasalahan tersebut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya