Mengintip Persiapan Festival Film Dokumenter Pelajar 2017

Festival Film Dokumenter Pelajar 2017
Sumber :
  • dok.ist

VIVA.co.id – Festival Film Dokumenter kembali digelar. Gelaran tahunan ini diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Film Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Melepas Rindu Nonton Konser Musik Lewat Film Dokumenter

Mengusung tema Kemaritiman, acara dibuka oleh Sekjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Didik Suhardi,Ph.D dan Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud, Dr. Maman Wijaya. Kegiatan pembekalan materi Dokumenter ini yang diikuti oleh 20 tim (57 pelajar) seluruh Indonesia yang karyanya lolos seleksi awal.

“Materi yang diberikan kepada para nominasi ini adalah pendalaman tentang dokumenter, penyutradaraan dalam dokumenter, tata kamera dalam dokumenter, tata suara film, serta editing film,” ujar Barly, penata kamera film Banda the Dark Forgotten Trail yang menjadi salah satu pembimbing pembekalan, Kamis 14 September 2017.

Film Dokumenter Terbaik FFI 2020, You and I Siap Disaksikan

Sementara itu, produser film Toba Dreams, Rizaludin Kurniawan sebagai narasumber acara tersebut mengatakan sangat mendukung Pusbangfilm Diknas dalam memberikan pembekalan dan pendampingan pelajar-pelajar yang berminat dalam dunia film.

“Agar nanti produksi film pelajar semakin banyak sehingga bisa membuat festival film pelajar tersendiri terpisah dari Apresiasi Film Indonesia (AFI ) atau Festival Film Indonesia (FFI) yang sudah rutin,” ujar Rizal.

Film Imam Bukhari Ada Adegan Bung Karno, Uzbekistan Minta Info ke PDIP

Lebih dari 100 proposal yang masuk, meski dalam jangka waktu pendaftaran hanya 1 bulan, ini menandakan anemo para siswa SMP/SMA sederajat di Indonesia terhadap kegiatan perfilman khususnya film Dokumenter cukup tinggi.

Kegiatan Festival Film Dokumenter Pelajar 2017 ini merupakan sebuah terobosan yang dilaksanakan Pusbangfilm dalam menyelenggarakan sebuah festival film pelajar berskala nasional. Nantinya, penentuan 3 pemenang dan pemberian anugerah dilakukan pada perhelatan AFI 2017.

Sineas Aceh

Film Dokumenter dari Aceh Terpilih Sebagai yang Terbaik di FFI 2021

Film dokumenter dari Aceh dengan judul Three Faces In The Land Of Sharia terpilih sebagai film dokumenter pendek terbaik.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2021