Film Turah Wakili Indonesia di Ajang Oscar 2018

Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Satu film Indonesia akhirnya dipilih oleh komite seleksi yang dibentuk oleh Persatuan Perusahaan Film Indonesia, atau PPFI, untuk bersaing di ajang bergengsi Academy Awards, sering dikenal Oscar.

Cillian Murphy Kembali Perankan Tommy Shelby di Film Peaky Blinders

Ketua Komite Seleksi, Christine Hakim membacakan keputusan dari tim komite. Penunjukkan film ini dilakukan, setelah menjalani seleksi dan rapat.

"Berdasarkan keputusan dan sesuai pedoman pelaksanaan kategori Foreign Languange Award di Oscar, maka komite seleksi menetapkan bahwa film berjudul, produksi Empat Warna Media, Turah, terpilih sebagai film untuk mewakili Indonesia di ajang Oscar kategori film bahasa asing," ujar Christine Hakim di Plaza Indonesia, Selasa 19 September 2017.

Intip Momen Ryan Gosling Membawakan Lagu I'm Just Ken di Panggung Academy Awards ke-96

Christine menambahkan, proses seleksi dilakukan dengan beberapa metode. Komite seleksi juga mempelajari beberapa film yang sebelumnya menang di tahun sebelumnya.

"Kami juga mempelajari dan menganalisa dari jauh, dari hasil yang menang Foreign Languange film sebelumnya. Sehingga, kita mendiskusikan mana film yang kira-kira dapat menarik perhatian di sana," tambah Christine.

Hadir di Piala Oscar 2024, Billie Eilish Kenakan Pin Dukung Genjatan Senjata di Palestina

Terkait film lain yang bersaing dengan Turah dalam seleksi tersebut, pihak komite seleksi tak menjelaskan secara detail. Tidak disebutkan nama-nama film lain tersebut.

"Seleksi banyak, kita seleksi dari sekitar 130 judul," singkat Christine.

Turah sendiri merupakan sebuah film bahasa daerah yang seluruh adegannya memuat dan mengandung bahasa ngapak, alias Tegal. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya