Joko Anwar Sarankan Film G30S/PKI Diputar di Bioskop

Joko Anwar
Sumber :
  • VIVA/ Beno Junianto

VIVA.co.id – Sutradara Joko Anwar angkat bicara soal film G30S/PKI yang akan kembali diputar. Ia tidak keberatan dengan hal tersebut. Hanya saja, Joko meminta film itu tidak diputar ulang melalui stasiun televisi.

Joko Anwar Sutradara Terbaik FFI 2020

"Kalau diputar ulang, namanya film terserah, asal jangan di televisi lah. Kenapa? karena anak kecil banyak yang nonton," kata Joko saat diwawancara di Epicentrum, Jakarta Selatan.

Sutradara Pengabdi Setan tersebut khawatir jika ditayangkan di televisi, banyak anak di bawah umur yang menontonnya. Film G30S/PKI, menurut Joko, banyak mengandung unsur kekerasan yang seharusnya tidak dilihat oleh anak-anak.

Perempuan Tanah Jahanam Raih 6 Piala Citra, Ini Kata Joko Anwar

"Film itu mengandung unsur kekerasan yang realistis, jadi kalau diputar di TV gampang diakses sama anak-anak di bawah umur, itu kan enggak oke dong," ujarnya.

Sebagai pelaku di industri film, Joko berharap jika G30S /PKI diputar ulang, tempat dan sarana yang digunakan harus mendukung agar kedewasaan yang menyaksikan bisa diawasi. Salah satu tempat yang cocok menurutnya adalah studio bioskop.

Perempuan Tanah Jahanam Borong 6 Piala Citra FFI 2020

"Kalau mau diputar di bioskop, di mana, ya terserah, asal yang nonton umurnya cukup," katanya.

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno di Danau Toba.

Sandiaga Uno Janji Pelaku Film dan Ekonomi Kreatif Dapat Vaksin

Para sineas sebelumnya mengirim surat terbuka ke Presiden Jokowi untuk mendapat jatah vaksin demi bangkitkan perfilman tanah air.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2021