Negeri Dongeng, Kisah Nyata 7 Pendaki di 7 Gunung Indonesia

Negeri Dongeng
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Agung

VIVA – Sebuah film biasanya menonjolkan kisah fiksi dari para pemeran yang biasanya merupakan bintang ternama. Namun kali ini, sinema berjudul Negeri Dongeng menyajikan hal berbeda.

Frengki Candra Kusuma, Korban Erupsi Gunung Marapi yang Jasadnya Keluarkan Bau Aroma Wangi

Film bergenre dokumenter ini mengisahkan petualangan 7 sineas sebagai tokoh utama, yang mendaki 7 puncak gunung tertinggi di Indonesia. Mereka juga membawa 7 kamera.

"Negeri Dongeng dibuat sebagai wadah mimpi bagaimana kita berkarya. Perjalanan ini adalah momen saya mengenal diri sendiri, teman-teman, dan Indonesia lebih dekat," ujar Anggi Frisca, sutradara sekaligus salah satu pemain, di Paviliun 28 kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu, 25 Oktober 2017.

Kisah di Balik Tugu Abel Tasman, Viral Usai Erupsi Marapi: Tempat Jasad Yasirli Amri Ditemukan

Selain eksplorasi, Anggi punya motivasi tersendiri untuk menjadikan filmnya sebagai media komunikasi massa dalam menyampaikan keindahan alam di Indonesia. Salah satu sineas yang terlibat dalam film, Teguh Rahmadi, menyampaikan kesannya selama pendakian berlangsung.

"Menurut saya, naik gunung lebih susah dan butuh ilmu lebih dari sekadar melakukan perjalanan dan menaklukkan diri sendiri," katanya.

Update Korban Erupsi Marapi: 23 Pendaki Tewas, 16 Teridentifikasi

Negeri Dongeng turut melibatkan figur publik tersohor seperti Nadine Chandrawinata, Medina Kamil, dan Darius Sinathrya. Mereka memiliki alasan tersendiri untuk bergabung dalam film ini.

"Film ini muncul karena kita mengkhayal punya negeri sendiri dan coba merealisasikannya dengan cara terjun langsung. Dari sini, kita bisa mengajak penonton untuk menemukan passion hidup dan semangat yang kelak bisa menjadi inspirasi," tutur Nadine Chandrawinata.

Ekspedisi dalam Negeri Dongeng dilakukan ke Gunung Carstensz (Papua), Bukit Raya (Kalimantan), Binaiya (Ambon), Rinjani (Lombok), Semeru (Jawa), dan Latimojong (Sulawesi). Filmnya siap tayang di bioskop Indonesia per tanggal 26 Oktober 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya