Ayat Ayat Cinta 2 Angkat Isu Islamofobia

Fedi Nuril (Ayat-Ayat Cinta)
Sumber :
  • perfilman.pnri.go.id

VIVA – Aktor Fedi Nuril yang memerankan karakter Fahri di film Ayat-Ayat Cinta 2 menjelaskan, di film sekuel ini secara garis besar mengangkat isu mengenai Islamofobia yang kerap terjadi di sejumlah belahan dunia.

Perjalanan Karier Komika Babe Cabita, Juara SUCI 3 Kini Bisnis Kuliner

"Di sini, isunya lebih internasional ya, seperti dia mau meluruskan Islamofobia di Eropa," ujar dia dalam konferensi pers di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu 6 Desember 2017.

Fedi menjelaskan, alur cerita dan penggambaran konfliknya pun memang diarahkan ke tema tersebut, sehingga menampilkan apa yang kerap terjadi di belahan dunia lain mengenai kelirunya pandangan tentang Islam.

Ditonton 100 Ribu Orang, Film Onde Mande! Tambah Layar

Dia pun menjelaskan, sosok Fahri di film ini merupakan garda terdepan dalam melawan isu Islamofobia tersebut, yang ditunjukkannya dengan menampilkan akhlak yang diajarkan oleh Islam sebagai sebuah ideologi dan agama.

"Makanya, semua tetangganya yang beda budaya dan agama, itu semua dia bantu tanpa mempertanyakan background mereka apa. Mau dia dimusuhin, dia tetap sabar membantu mereka," kata Fedi.

Main di Film Kun Ana Wa Anta, Abe Moore Ketagihan Berakting

Fedi menilai, hal ini lah yang menjadi salah satu perbedaan mendasar antara film Ayat-Ayat Cinta pertama dengan sekuelnya kali ini. Terlebih, ada sejumlah aspek budaya yang cukup beragam yang ditampilkan di film AAC 2 ini.

"Kalau yang pertama hanya fokus di isu tentang Mesir dan dalam Mesir, nah ini ada Ibrani, ada Malaysia juga. Jadi, lebih luas lagi lah cakupan isunya," ujar Fedi. (asp)

Stani Arifasti

Meneropong Karier Stani Arifasti, dari Sinetron Lokal hingga Film Internasional

Stani Arifasti bukanlah wajah baru dalam film-film layar lebar, terutama yang mengusung tema budaya lokal. Ia telah membintangi beberapa judul film ternama.

img_title
VIVA.co.id
9 November 2023