Laut Bercerita, Film yang Terinspirasi dari Aktivis '98

Laut Bercerita
Sumber :
  • VIVA/Maria Margaretha Delviera

VIVA – Terkait peluncuran novel terbaru karya Leila S. Chudori berjudul Laut Bercerita, Cineria Films, dan Yayasan Dian Sastrowardoyo memproduksi film singkat berjudul sama. Film pendek berdurasi 30 menit ini dibintangi oleh Reza Rahardian, Ayushita Nugraha, Dian Sastrowardoyo, Tio Pakusadewo, dan Lukman Sardi.

Prilly Putus dengan Kekasih, Nama Aliando dan Reza Rahadian Disebut

Film pendek Laut Bercerita mengisahkan kekelaman dan kekejian yang dialami para aktivis tahun 1998. Sementara itu, dalam novelnya dengan tebal 389 halaman diceritakan juga persahabatan antar aktivis, roman di antara mereka, dan pengkhianatan di dalam kelompok.

“Meski karakter-karakter utama dalam novel adalah fiktif, penggambaran pengalaman mereka terinspirasi oleh kisah yang dipaparkan para aktivis ‘98 dan kawan-kawannya,” tutur Leila dalam jumpa pers di Institut Francais Indonesia, Jakarta Pusat, pada 12 Desember 2017.

Reza Rahadian Kirim Bunga ke Prilly Latuconsina dan Artis Bicara Seks

Pritagita Arianegara selaku sutradara mengambil intisari novel dan mengangkat sisi universal dari kejadian yang dialami oleh si tokoh utama bernama Biru Laut (Reza Rahadian). 

“Karena keterbatasan durasi dan hal teknis lainnya, maka saya mengangkat sisi universal kejadian yang dialami oleh Biru Laut serta bagaimana keluarga dan kekasihnya menghadapi kehilangan orang yang dicintai,” terangnya.

Reza Rahadian Beri Bunga ke Prilly Latuconsina di Hari Valentine

Ayushita dalam film pendek ini berperan sebagai adik Biru Laut, Asmara Jati. Sebagai pemeran tokoh sekaligus pembaca novel ini, Ayushita turut merasakan kepiluan para aktivis di masa itu.

“Pilu karena aku baru tahu nih sebagai orang dewasa, membaca ceritanya ini kan memang diangkat dari narsum langsung yang pernah diculik, jadi pilu karena itu, kok sampai hati ya dulu bisa gitu,” komentarnya.

Laut Bercerita merupakan novel kedua Leila S. Chudori setelah novel Pulang yang telah meraih Khatulistiwa Literary Award di tahun 2013. Leila juga merupakan penulis naskah film pendek Drupadi dan serial Dunia Tanpa Koma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya