Zumi Zola, dari Bintang Sinetron hingga Jeratan Korupsi

Zumi Zola
Sumber :
  • instagram.com/zumizolazulkifliforjambi

VIVA – Gubernur Jambi, Zumi Zola, tertulis jadi tersangka dalam surat pencegahan yang dikirim Komisi Pemberantasan Korupsi kepada Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Ngumpulin Emak-emak, Ibu Tiri Zumi Zola Dilaporkan ke Bawaslu Jambi

Nama Zumi Zola memang tidak asing lagi di telinga masyarakat. Sebelum aktif di politik, wajah pria kelahiran Jakarta 31 Maret 1980 itu wara-wiri di beberapa acara televisi.

Mantan kekasih komedian yang juga presenter Ayu Dewi ini, sangat rajin tampil di televisi sebagai aktor yang tampil di sinetron.  Zumi Zola merupakan anak pertama dari Zulkifli Nurdin dan memiliki lima saudara yaitu, Zumi Zoftan, Zumisha Nadia Zaquita, Zumi Laza, Amalia Saslika Maharani, dan Amalia Azra Maharani.

Ibu Tiri Zumi Zola Jadi Cawagub Jambi, Programnya Turun Lapangan

Dilansir dari berbagai sumber, kariernya di dunia hiburan dimulai dengan membintangi sinetron Hantu Jatuh Cinta pada 2006. Puluhan sinetron telah dibintanginya, seiring waktu namanya kian populer apalagi setelah berperan di sinetron Ku Tlah Jatuh Cinta di tahun yang sama. Ia juga sempat membintangi sejumlah film layar lebar, yaitu "Disini Ada Setan" (2004)
"Kawin Laris" (2009) dan "Merah Putih".  

Zumi Zola juga pernah bertunangan dengan Ayu Dewi, namun ia memutuskan sepihak hubungan itu melalui pesan singkat.  Setahun kemudian, Zumi akhirnya menikah dengan pemain biola Sherrin Tharia yang merupakan putri dari Tengku Malinda, mantan penyiar TVRI, pada 16 Maret 2012.  Dari pernikahannya itu, Zumi dikaruniai anak laki-laki Zameer Zahid Abyadh Zola dan Zhafran Ziyadh At-Thahirah Zola.

Diusung PDIP, Ibu Tiri Zumi Zola Maju di Pilkada Jambi jadi Cawagub

Zumi Zola mewarisi darah politik ayahnya, Zulkifli Nurdin, yang merupakan Gubernur Jambi periode 1999-2004 dan 2005-2010. Ia menjadi Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011-2016, berpasangan dengan Ambo Tang sebagai Wakil Bupati.

Pada Pilkada Serentak 2015, Zumi Zola berpasangan dengan Fachrori Umar, terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi untuk periode 2016-2021. Pencalonannya didukung oleh PAN, Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Hanura, PKB, PBB, dan PPP. Pada 12 Februari 2016, Zumi Zola resmi dilantik oleh Presiden Jokowi bersama enam pasang Gubernur terpilih lainnya di Kompleks Istana. (one)
 

Kiwil dan Meggy.

4 Perceraian Artis Terheboh di 2020, Nomor 3 Paling Gak Disangka

Banyak berita-berita dari dunia hiburan Tanah Air yang menghebohkan, salah satunya adalah berita terkait perceraian artis. 

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2020