Skandal Wajib Militer G Dragon Bikin Heboh Korea Selatan

G-Dragon
Sumber :
  • koreaboo

VIVA – Mengikuti wajib militer di Korea Selatan merupakan keharusan bagi semua warga negara Korea pria berusia 18 hingga 35 tahun, tanpa memandang status seseorang. Tapi, tak sedikit orang yang mencari celah agar mendapat pengecualian terbebas dari melaksanakan wajib militer (wamil). 

Ramai Isu G-Dragon Kencani Kang Min Kyung Davichi

Seperti, mahasiswa jurusan teknis dan sains yang biasanya dikecualikan dari wamil. Pengecualian lainnya seperti mengalami cedera fisik, dan ilmuwan. Beberapa selebriti juga terbebas dari wamil karena menderita penyakit atau dianggap tak memenuhi syarat lainnya.

Baru-baru ini tengah menjadi kontroversi adalah status leader CNBlue, Jung Yong Hwa, yang dianggap sengaja kembali bersekolah untuk terhindar dari wamil. Baru saja reda skandal Jung Yong Hwa, kini media setempat mengungkap fakta pentolan boyband BigBang, G-Dragon, juga berusaha menghindari wamil. 

Diisukan Pacaran sama GD, Nana Komatsu Nikahi Aktor Masaki Suda

Menurut laporan Dispatch, seperti dilansir dari Koreaboo, riwayat pendidikan G-Dragon kini dipertanyakan karena dianggap dipakai sebagai alasan untuk menunda wamil. Riwayat pendidikan G-Dragon perlu dipahami untuk mengetahui bagaimana pendidikannya memengaruhi jadwal wajib militernya. 

G-Dragon atau akrab disapa GD, masuk Universitas Kyunghee tahun 2009 saat dia berusia 21 tahun. Dia mengambil jurusan postmodern, tapi di tahun yang sama G-Dragon memilih untuk keluar. 

5 Fakta G-Dragon BIGBANG, King of Kpop yang Berulang Tahun ke-33

Ia lantas melanjutkan kuliah di tahun 2010 di sekolah berbeda, yakni Kukje Cyber University, dan lulus pada Agustus 2013. Kemudian melanjutkan sekolah dengan mengambil program master di Universitas Sejong pada September 2013, dan lulus pada Agustus 2016 di usia 28 tahun. 

Saat itu GD bisa menunda kewajiban militernya mulai tahun 2009 hingga 2016 karena tengah menyelesaikan sekolah. Hal seperti ini juga sering dilakukan oleh pria Korea, baik selebriti ataupun selain selebriti. 

Saat masuk di Universitas Sejong, GD menunda wamil dengan dua alasan, yaitu pendidikan dan bermacam alasan. Meski belum jelas apa tujuan pendidikan GD, tapi menurut Dispatch dengan mengambil program doktoral, GD bisa menunda wamil selama 370 hari.

Seorang mahasiswa yang mendaftar untuk program doktoral bisa mendapat 370 hari penundaan menjalani wamil. Dan jika dugaan Dispatch benar, GD pasti mengambil program Ph.D di tahun 2016, sehingga dia bisa menunda wamil antara tahun 2016 hingga 2017. Ditambah lagi alasan macam-macam yang diajukannya sebagai selebriti, dan jadwal promosi termasuk tur dunia, GD bisa mendapat 90 hari tambahan.

Tak ada yang ilegal dari apa yang dilakukan GD, masyarakat umum juga bisa mendapat penundaan dengan alasan pendidikan, kecuali 90 hari itu. Hanya saja sekarang latar belakang pendidikan pelantun Crooked ini menjadi pembicaraan di Korea Selatan. Masyarakat percaya bahwa selebriti menerima perlakuan khusus berkaitan dengan wajib militer. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya