Dikecam soal Holocaust, Syahrini Akhirnya Angkat Bicara

Syahrini.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Baru-baru ini penyanyi Syahrini kembali menuai kritikan dan kecaman dari banyak orang mengenai sebuah unggahannya di Instagram. Ia membagikan videonya saat sedang berada di Holocaust Memorial di Berlin.

Terungkap, Ini Alasan Adolf Hitler Membantai Jutaan Orang Yahudi

Holocaust Memorial merupakan tempat yang dibangun untuk mengenang enam juta korban kekejaman Adolf Hitler dan pasukannya. Memorial ini dibangun di atas lahan dua hektare dengan ribuan bebatuan berwarna abu-abu yang berdiri tanpa ketinggian yang sama.

Sang arsitek dari Amerika yang membangun memorial ini, Peter Eisenmann, sengaja membuatnya terlihat bergelombang untuk menonjolkan atmosfer ketidakstabilan di sana.

Hamas Puji Presiden Brasil karena Sebut Serangan Israel di Gaza Mirip Holocaust

Namun, Syahrini, dalam balutan mantel bulu berwarna biru, menyapa para pengikutnya di Instagram dengan wajah ceria dan nada manjanya. Miris, karena penyanyi ini juga memilih kata-kata yang dianggap tidak menghormati tujuan sebenarnya memorial ini dibuat.

"Bagus yah, di tempat Hitler bunuh-bunuhan dulu," katanya dalam Insta Story tersebut.

Hamas Kritik Jerman Pasok Ribuan Amunisi Tank ke Israel: Tak Belajar dari Dosa Masa Lalu

Syahrini di Holocaust Memorial

Setelah akunnya dibanjiri kritikan pedas dari warganet, akhirnya Syahrini pun memberikan pernyataan resminya melalui Instagram. Menurutnya, apa yang ia katakan dalam video itu sama sekali tidak bermaksud untuk menyinggung siapa pun.

"Saya mengerti kritikan tentang unggahan Instagram saya dari Holocaust Memorial di Jerman, tetapi saya ingin menjelaskan kepada semua orang bahwa saya benar-benar tidak bermaksud untuk tidak menghargai atau menyinggung siapa pun atau agama mana pun," tulis Syahrini.

Ia menjelaskan bahwa ia pergi ke sana sebagai turis, seperti turis-turis lainnya yang berkunjung ke sana. Ia kemudian merasa sangat kagum pada desain tempat tersebut dan ingin mengambil foto dan video. Namun, ia mengakui bahwa hal yang ia lakukan tidak pantas.

"Juga, di video yang saya unggah di Instagram yang menuai kontroversi, saya tidak bermaksud mengatakan Holocaust bagus, melainkan desainnya. Sayangnya, banyak orang yang salah menangkap apa yang saya katakan dan saya maksud," ujarnya.

"Tentu saja, Holocaust adalah tragedi yang mengerikan dan menakutkan, dan Memorial ini berguna sebagai pengingat kita tentang seberapa penting kita melawan secara berani segala bentuk kebencian," ucapnya lagi.

Berikut ini adalah pernyataan lengkap Syahrini.

I Understand At The Criticism About My Instagram Posts From The Holocaust Memorial in Germany !
...
But I want to make it clear to everybody that I truly never meant to disrespect or offend anybody or anybody’s religion ...
I went to the Memorial as a tourist and, like so many other tourists there, was amazed at the design of it and wanted to take pictures and video ...
I now understand that this was not appropriate ..
Also, in the video I posted on Instagram that has caused so much controversy, I did not Mean to Say “BAGUS” (Indonesian for “nice!”) to refer to the Holocaust,
But to the impressive design of the Memorial !
...
Unfortunately, others have not been accurate in reciting what I actually said and meant ... Of course, the Holocaust was a horrible and terrifying tragedy – and the Memorial serves as a reminder to us all of how important it is to oppose aggressively all forms of hatred ...
Racism and bigotry and how we must do our best to protect everybody’s human rights and religious freedoms ...
If I had focused on that as I should have during my visit, I would have behaved in a different way ...
I have learned from this experience and I hope others have learned from my experience too !
...
Hate,anger and jealousy are very dangerous components in society, history shows this and unfortunately currently still is showing in other parts of the world or even on social media as you have been seeing in some reactions on my post.We should be careful with this subject as it can lead to horrible situations !

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya