Punya Dua Kewarganegaraan, Tatjana Saphira Pilih Indonesia

Tatjana Saphira Hartmann
Sumber :
  • VIVA/Bimo Aria

VIVA – Sebagai anak hasil perkawinan campuran, bukan hanya masalah perbedaan budaya dan pola asuh yang menjadi tantangan bagi aktris Tatjana Saphira Hartmann. Kini di penghujung usia 20 tahunnya, ia juga harus dihadapkan untuk memilih kewarganegaraan. 

Mengaku Telah Ikhlas, Herjunot Ali Tak Terintimidasi dengan Pertanyaan Tentang Jodoh

Seperti diketahui saat ini aktris kelahiran 21 Mei 1997 ini memiliki dua kewarganegaraan. Ia memiliki kewarganegaraan Jerman dari sang ayah, dan juga warga negara Indonesia dari sang ibu. Tapi peraturan mengharuskannya memilih salah satu kewarganegaraan tersebut. Lantas kewarganegaraan manakah yang menjadi pilihannya?

"Ini pilihan berat karena enggak bisa dipungkiri aku lahir dan besar di Indonesia, tapi dalam diri aku ada darah ayah, itu sama artinya dengan memilih salah satu dari orangtua aku," kata Tatjana saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu 9 April 2018.

Adinia Wirasti Ungkap Alasan Serial dan Film Bertema Perselingkuhan Disukai Penonton Indonesia

Memang, kata dia, setiap pilihan warga negara ada kelebihan dan kekurangannya. Sebab itu, selama setahun terakhir ia cukup serius memikirkan dan mempertimbangkan kewarganegaraan mana yang akan dipilihnya. 

Tatjana Saphira Hartmann

Tantangan Terbesar Adinia Wirasti Perankan Dokter Sekar di Serial Mendua

"Jadi memang banyak dialog yang terjadi, konsultasi dengan banyak orang terutama dari Perca (Organisasi Perkawinan Campur Indonesia) sampai akhirnya aku memilih menjatuhkan pilihan menjadi warga negara Indonesia,", kata dia. 

"Ini karena aku lahir dan besar di Indonesia berkarier di Indonesia, dan punya banyak teman keluarga. Dan definisi rumah buat aku ya Indonesia. Mau pergi jauh tetap akan kembali ke Indonesia."

Meski sang ayah sempat kecewa dengan pilihannya, namun setelah ia menjelaskan alasannya memilih kewarganegaraan Indonesia, sang ayah pun akhirnya mengerti. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya