11 Artis Indonesia di Pusaran Korupsi

Syahrini.
Sumber :
  • Instagram Syahrini

VIVA – Dewasa ini, korupsi di Tanah Air masuk dalam kategori penyakit sosial yang sangat berbahaya. Banyak pihak menyebut korupsi di Indonesia berkembang sistemik.

Komeng Raih Suara Terbanyak, Ini 10 Artis Indonesia Terpilih Jadi Anggota DPR di Pemilu 2024

Sepanjang sejarah pemerintahan Indonesia, berbagai cara dan upaya telah dilakukan dalam memberhangus rasuah, namun akarnya seakan tak pernah tercabut, justru makin merambah ke pelbagai lini, termasuk ke publik figur, lebih tepatnya artis. Baik yang lawas maupun muda.

Sejauh berdiri, KPK telah banyak memeriksa para artis dalam perkara korupsi dan pencucian uang, bahkan ada yang sampai dijerat tersangka. Teranyar adalah Zumi Zola, artis muda Indonesia yang menjabat Gubernur Jambi.

Ada Nikita Mirzani, Ini 5 Artis Indonesia Lulusan Pondok Pesantren

Dia ditahan penyidik KPK lantaran diduga menerima suap dan gratifikasi atas sejumlah proyek di Pemprov Jambi. Selain itu, beberapa waktu lalu, KPK sempat memeriksa suami dan mertua dari artis Dian Sastrowardoyo terkait korupsi pengadaan pesawat dan mesin pesawat oleh PT Garuda Indonesia yang menjerat eks Dirut PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan korupsi bisa saja melibatkan siapa pun di negeri ini. Tidak hanya orang-orang yang memiliki kekuasaan, melainkan artis sekalipun bisa saja terjerumus dalam pusaran 'penyakit laten' ini.  

8 Artis Ini Nikahi Pengusaha Kaya Raya, Kini Hidup Penuh Kemewahan

“Tindak pidana korupsi itu bisa terkait dengan siapapun sepanjang adanya bukti yang kami temukan mengarah ke sana. Apakah itu berkaitan dengan proses bersama-sama (dalam melakukan korupsi) atau (menikmati) hasil tindak pidana korupsinya," kata Febri ditanyai wartawan, Selasa, 17 April 2018.

Oleh karena itu, Febri mengimbau, semua pihak, terutama artis selaku publik figur bisa membekali dirinya dengan suatu pengetahuan yang baik tentang pemberantasan korupsi. 

"Pertama, dia harus jauh lebih hati-hati ketika menerima pemberian dari penyelenggara negara atau dari pejabat-pejabat tertentu yang dipandang tidak wajar dibanding penghasilannya yang sah," kata Febri. 

Beberapa perkara ditangani KPK memang terdapat fakta bahwa sejumlah artis pernah mendapat fasilitas dari hasil tindak pidana korupsi penyelenggara negara. Meski diklaim barang-barang seperti mobil, travel, apartemen, dan rumah itu diberikan atas jasa pekerjaan, namun bila menyangkut hasil korupsi, lazimnya tetap disita penyidik KPK. 

"Dulu kita ingat tiba-tiba ada pemberian apartemen, ada pemberian atau cicilan lain, yang fasilitas kendaraan dan lain-lain, dari pihak terkait, itu harus dilihat dengan hati-hati. Karena ada risiko tindak pidana korupsi di sana ada risiko pencucian uang dan risiko hukum yang lain," tutur Febri. Berikut sejumlah artis Indonesia yang masuk dalam pusaran kasus korupsi yang dirangkum VIVA. 

1. Ayu Azhari 

Ayu Azhari

Ayu Azhari pernah mencuat namanya dalam kasus suap dan pencucian uang dalam kuota impor daging sapi yang menjerat Ahmad Fathanah. Ketika itu, KPK menyita uang ribuan dolar milik Ayu Azhari. 

2. Jennifer Dunn. 

Terdakwa kasus dugaan penyalahgunaan narkoba Jennifer Dunn

Dia pernah terseret kasus dugaan korupsi yang menjerat Tubagus Chaeri Wardanaa alias Wawan adik eks Gubernur Banten Ratu Atut. KPK menyita sejumlah mobil dari Dunn.

3.  Catherine Wilson

Catherine Wilson

Artis cantik Tanah Air ini juga pernah masuk pusaran kasus korupsi yang menjerat Wawan, bersama artis lainnya, Indah Dewi Pertiwi, Chyntiara Alona, Irwansyah, hingga Aura Kasih. 

4. Syahrini 

Artis fenomenal ini pernah mencuat namanya dalam kasus suap pajak yang menjerat mantan Pejabat Pajak, Handang Soekarno. 

5. Iis Dahlia

Iis Dahlia

Pada 2013 lalu atau tepatnya saat KPK menyidik mantan Ketua MK, Akil Mochtar, nama Iis Dahlia mencuat sebagai salah satu penerima aliran uang dari Akil. 

6. Vitalia Sesha.

Vitalia Sesha

Seperti Ayu Azhari, nama artis dangdut ini pernah terseret kasus suap dan pencucian uang dalam kuota impor daging sapi yang menjerat Ahmad Fathanah. Ketika itu, penyidik KPK menyita mobil Vitalia Sesha.

7. Inneke Koesherawati

Suami Inneke Koesherawati DIvonis 2 Tahun Penjara

Inneke pernah dipanggil KPK lantaran suaminya, Fahmi Dharmawansyah terjerat kasus dugaan suap proyek di Bakamla. 

8. Cici Tegal

Sri Wahyuningsih alias Cici Tegal

Pemilik nama asli Sri Wahyuningsih ini pernah diperiksa oleh KPK terkait kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan buffer stock untuk kejadian luar biasa, yang menjerat mantan Menkes Siti Faddilah Supari. 

9. Le Roy Osmani

Aktor senior Leroy Osmani

Roy pada Jumat 16 Maret 2018 lalu diperiksa KPK atas kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat dan mesin pesawat oleh PT Garuda Indonesia yang menjerat eks Dirut PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar. 

10. Mediana Hutomo dan Emilia Contessa

Seperti Cici Tegal, Mediana dan Emilia pernah diperiksa oleh KPK terkait kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan buffer stock untuk kejadian luar biasa, yang menjerat mantan Menkes Siti Faddilah Supari. 

11. Herman Felani

Herman Felani

Artis lawas ini pernah dijerat KPK dan ditahan karena kasus korupsi iklan layanan masyarakat Pemprov DKI Jakarta tahun 2006-2007.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya