Berkas Lengkap, Dhawiya Segera Disidang

Dhawiyah Zaidah Sukawesih saat ditangkap polisi atas kepemilikan sabu-sabu
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Artis Dhawiya Zaida bakal segera menjalani persidangan terkait kasus kepemilikan narkoba jenis sabu. Hari ini, penyidik Subdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menyerahkan Dhawiya bersama barang bukti ke Kejaksaan Negeri Jakarta Timur. 

Jupiter Fortissimo Bicara Soal Kondisi Keuangan Usai Bebas dari Penjara

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Suwondo Nainggolan menyampaikan, pelimpahan kasus ini dilakukan setelah berkas penyidikan kasus Dhawiya dinyatakan lengkap oleh pihak Kejaksaan. "Iya akan dilimpahkan hari ini," kata Suwondo saat dikonfirmasi, Senin, 28 Mei 2018.

Pelimpahan berkas tahap dua rencananya akan dilakukan siang ini. Selain Dhawiya, polisi juga akan menyerahkan penahanan dan barang bukti atas tersangka Muhammad. Kekasih dari putri kandung Ratu Dangdut itu turut resmi dijadikan sebagai tersangka dalam kasus yang sama. 

Jupiter Fortissimo Bebas dari Penjara, Bersyukur Langsung Dapat Job

"Dhawiya dan pacarnya," kata Suwondo. 

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Nirwan Nawawi membenarkan jika berkas kasus narkoba Dhawiya sudah lengkap atau P21. Kasus ini resmi ditingkatkan dari penyidikan ke tahap penuntutan setelah tim Kejaksaan melakukan gelar perkara pada Jumat, 25 Mei kemarin.

Kasus Narkoba Berakhir, G-Dragon Bakal Comeback Bentuk Yayasan Pemberantasan Narkoba di 2024

"Berkas dinyatakan P21," kata Nirwan saat dikonfirmasi. 

Putri pedangdut senior Elvy Sukaesih, Dhawiya Zaida (tengah)

Sebelumnya, Dhawiya dan dua kakak kandungnya, yaitu Syechans dan Ali Zaenal Abidin ditangkap polisi di kediamannya di kawasan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur pada Jumat, 16 Februari dini hari. Dalam penggerebekan itu, polisi juga turut menangkap menantu Elvi bernama Chauri Gita yang sedang mengandung bayi.

Di rumah tersebut, polisi turut menyita sabu-sabu seberat 0,38 gram, 0,45 gram, dan 0,49 gram. Barang bukti lain yakni alat hisap alias bong, tiga buah timbangan digital, tiga kantong plastik klip kosong, dan 9 buah cangklong. Kasus narkoba yang menjerat keluarga Ratu Dangdut itu merupakan pengembangan dari penangkapan Muhammad.

Meski kelimanya dinyatakan positif menggunakan narkoba, polisi hanya menahan Dhawiya dan Muhammad. Sementara Syechans yang menderita penyakit TBC dan Chauri yang sedang hamil hanya menjalani rehabilitasi. Polisi juga tak menahan Ali karena statusnya masih sebagai saksi. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya