Tata Janeeta Dukung Via Vallen Berani Bicara soal Pelecehan

Tata Janeeta
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Penyanyi Tata Janeeta mendukung apa yang dilakukan pedangdut Via Vallen dalam upaya mengungkap tindak pelecehan seksual yang dialaminya. Dia menilai, bahwa setiap orang memiliki kepekaan masing-masing dan cara yang akan ditempuhnya apabila merasa tersinggung.

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

"Bukan berarti apa yang dilakukan sebagian orang mengekspresikan hal tersebut adalah salah, enggak. Itu sah-sah aja kok. Karena tiap manusia punya cara berbeda untuk menanggapi," kata Tata saat ditemui di kawasan Warung Jati, Jakarta Selatan, Jumat, 8 Juni 2018.

Mantan personel Dewi Dewi itu pun menyayangkan respons sebagian publik, yang menilai tindakan Via Vallen itu berlebihan. "Ada yang merasa terganggu, ada yang merasa biasa aja. Jadi kita enggak bisa (bilang) 'Ah lu lebay', enggak bisa. Karena tiap orang beda. Enggak bisa hakimin orang begitu," ujarnya menambahkan.

Rumah Pedangdut Via Vallen Digeruduk Warga Terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Saat ditanya bagaimana sikapnya jika mendapat pelecehan seksual melalui privat message di media sosial semacam itu, Tata menjawab bahwa dia akan mengacuhkannya.

"Kalau saya tipikal yang enggak mau baca (semua DM masuk). Ada orang yang terlanjur membaca dan akhirnya mau speak up, it's okay, enggak masalah. Karena tiap orang berbeda," katanya.

6 Artis Ini Bertengkar dengan Keluarga Sendiri, Ada yang Belum Damai Sampai Sekarang

Meski demikian Tata menilai, bahwa sebenarnya tindakan semacam itu harus melihat relasi sosial antara pelaku dan korban, sehingga apakah bisa dianggap sebagai gurauan semata atau memang sudah masuk ke dalam ranah pelecehan seksual. Keputusan untuk memidanakan hal itu pun juga tentunya sangat subjektif, tergantung penilaian si korban itu sendiri.

"Kalau enggak kenal sama sekali, iya (perlu dilaporkan ke polisi). Tapi kalau kenal atau sudah interaksi atau temenan lah misalnya, terus ada bahasa tidak menyenangkan, ya terserah dia mau laporin apa enggak. Haknya orang tersebut." (mus) 

Ilustrasi di kantor polisi.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Kepolisian menurunkan tim untuk menjaga rumah Via Vallen saat penggerudukan berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024