Iko Uwais Buka Sekolah Bela Diri di Bekasi

Iko Uwais
Sumber :
  • VIVA/Ichsan Suhendra

VIVA – Aktor laga Iko Uwais buka sekolah bela diri, Thunder 11. Awalnya, Iko sempat tak yakin untuk mendirikan sekolah tersebut. Suami Audy Item itu merasa masih banyak orang yang salah mengartikan soal bela diri. Kemampuan tersebut dipelajari bukan untuk menindas atau sekadar menambah percaya diri.

4 Seni Bela Diri Andalan Pasukan Elit Militer Indonesia, Ada Yong Moo Do

"Ragu awalnya untuk membuka sekolah martial arts. Soalnya belajar bela diri itu diremehkan apalagi pencak silat yang bisa dibilang tidak populer," kata Iko saat ditemui di Hotel Horison, Bekasi, Kamis, 12 Juli 2018.

Iko memilih Bekasi untuk tempat pertama sekolah itu dibuka. Bukan tanpa alasan ayah dua anak tersebut memilih Bekasi. Menurut data yang ia pegang, tingkat kriminalitas di Bekasi meningkat selama 5 tahun terakhir. 

Kenapa Pasukan TNI Kopassus Disegani Tentara Asing? Ini Penjelasannya

"Melalui Thunder11, kami percaya bahwa bela diri adalah seni mengendalikan diri di mana saat mereka menguasai ilmu bela diri, mereka justru menjadi pribadi yang mengayomi. Sehingga kami percaya bahwa premanisme secara dini dapat diredam," ujarnya.

Bukan hanya pencak silat yang diajarkan di tempat tersebut. Iko membagi pembelajarannya ke dalam beberapa kurikulum yang disesuaikan dengan maksud calon murid belajar di sekolah itu.

Pelaku Penganiayaan Tewaskan Santri di Lampung Selatan Ditetapkan Tersangka

Sejumlah di antaranya ada Mastery of Martial Arts untuk mnguasia lebih dalam bela diri, Street Smart-Self Defense untuk bela diri praktis, dan Ultimate Performance yang ditujukan untuk mereka yang ingin menjadi aktor laga atau stunt man seperti Iko Uwais.

"Ada kelas anak-anak, SD, SMP, SMA, enggak hanya untuk anak remaja saja. Orangtua juga ada kelasnya. Teman-teman luar negeri juga bisa," ujar bintang Mile 22 tersebut.

Tim pencak silat seni beregu Indonesia di SEA Games 2021

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

Pencak silat, seni bela diri warisan budaya Indonesia, telah mendunia. Keindahan gerakannya yang menawan dan filosofi yang terkandung di dalamnya menarik perhatian orang.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024