Dorce dan Inggrid Kansil Klarifikasi soal Foto Pamflet Ratna Sarumpaet

Dorce dan Inggrid Kansil
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Dorce Gamalama dan Inggrid Kansil memberikan klarifikasi terkait foto keduanya yang sedang memegang pamflet Ratna Sarumpaet dengan muka lebam. Mereka mengaku tidak tahu kalau Ratna membuat berita hoaks dipukuli orang ketika berada di daerah Bandung, Jawa Barat. 

5 Artis Indonesia Meninggal Dunia di Tahun 2022

Akibat foto tersebut, Dorce sempat dihujat warganet lantaran dianggap mendukung salah satu calon presiden. 

"Gue atau dia enggak ada pikiran untuk posting. Mulai dari situ lah bla bla bla, katanya Dorce sudah diambil dia (Inggrid) untuk pindah ke Prabowo. Eh maaf gue enggak tidak ke mana-mana. Saya hanya pekerja sosial demi Allah," kata Dorce di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu, 6 Oktober 2018. 

Heboh Anak Angkat dan Keluarga Dorce Gamalama Adu Mulut Soal Wasiat

Dorce pun menegaskan tidak pernah dibayar oleh Inggrid untuk membela salah satu calon presiden. 

"Saya tidak dibayar Inggrid untuk bela dia, dia memang orang politik, tapi saya demi Allah enggak ada sangkut paut dengan ini. Ini tidak lain hanya selembar foto yang menjadi luas karena memang lagi panas," ujarnya. 

Sudah Tiga Bulan, Begini Kondisi Makam Dorce Gamalama Sekarang

Dorce menjelaskan secara runut kejadiannya. Kala itu, Dorce ingin makan di sebuah restoran steak di bilangan Menteng, Jakarta Pusat. Posisi restoran yang ingin disambanginya itu tengah ramai lantaran memperingati hari anti kekerasan. 

Kemudian, seorang pria berbadan besar memberikannya sebuah pamflet yang ternyata merupakan gambar Ratna Sarumpaet dengan tulisan, "Solidaritas Demokrasi untuk Ibu Ratna Sarumpaet." Setelah mendapatkan pamflet itu, Dorce pun langsung naik menuju restoran steak tersebut. Pada saat yang bersamaan, di restoran itu juga ada Inggrid Kansil yang merupakan artis sekaligus mantan anggota Komisi VIII DPR RI. 

"Akhirnya masuk ke restoran itu ketemu sama Inggrid, 'Lihat deh Mbak' terus kata Mbak Inggrid, 'Siapa nih Bunda?', 'Ini Ratna ih kasihan', kaget dia," ungkap Dorce. 

Presenter kenamaan ini pun mengaku, setelah makan steak, dia dan Inggrid melakukan foto bersama dengan memegang pamflet tersebut. 

"Kita makan enggak ada janji ketemuan sama Inggrid. Makan enggak lama, mungkin niat dia baik, maksudnya menyuarakan anti kekerasan, datanglah dia ke aku, 'Bunda kita foto yuk', ya gue terima hayuk timbang foto tapi kata dia sambil pegang ini, ya udah ayo," ujar dia.

Inggrid pun mengutarakan bahwa unggahan foto dirinya dan Dorce dengan pamflet ini lantaran prihatin dengan kondisi yang menimpa Ratna yang kala itu disebut-sebut mengalami tindak kekerasan. 

"Saya pikir siapa pun pasti terenyuh dengan kondisi yang luar biasa parahnya. Kekerasan fisik, yang saya pikir ini memang terjadi. Lalu dengan hati nurani yang tulus ikhlas saya menyuarakan ini dengan memposting foto dengan Bunda Dorce pada tanggal 2 itu," kata dia. 

Dia pun menegaskan bahwa hal yang dilakukannya itu tidak mengandung unsur politik. Inggrid juga yakin, postingannya berisi caption praduga tidak bersalah. “Di situ ditulis 'kalau memang benar', saya juga masih ada capture-nya," ujar Inggrid. 

Namun, postingan yang telanjur menuai reaksi warganet itu telah dihapus oleh istri dari Syarief Hasan ini setelah tahu bahwa Ratna Sarumpaet ternyata berbohong.

"Itu pembohongan publik yang dilakukan Bu Ratna dan mengecewakan kita semua. Kita niatnya membela kaum perempuan tapi kok dibohongin," tutur Inggrid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya