Logo BBC

Amitabh Bachchan Lunasi Utang 1.000 Petani India

Amitabh Bachchan disebut-sebut sebagai aktor India paling tenar. - Getty Images
Amitabh Bachchan disebut-sebut sebagai aktor India paling tenar. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Aktor tenar Bollywood, Amitabh Bachchan, mengklaim dirinya telah melunasi utang sejumlah petani senilai lebih dari 40 juta rupee atau setara dengan Rp8 miliar.

Melalui tulisan dalam blognya, Bachchan menyebut telah "mengurus" 1.398 petani asal Uttar Pradeshâ, tempat dia dilahirkan. Atas aksinya tersebut, Bachchan mengaku merasa melakukan "pencapaian".

Utang-utang yang dilunasi aktor berusia 76 tahun itu berasal dari Bank of India, yang diklaim telah mengeluarkan "dokumen dan sertifikat pelunasan".

"Saya tentunya berkeinginan memberikan dokumen ini, konfirmasi bahwa utang mereka telah dilunasi, secara pribadi," tulis Bachchan.

Karena sulit membawa semua petani ke Kota Mumbaiâ tempat dia kini tinggal. Pria tersebut menyatakan telah menyewa gerbong kereta untuk membawa 70 perwakilan petani untuk bertemu dengannya sekaligus menerima dokumen pelunasan dari bank.

Para perwakilan petani itu diperkirakan akan tiba pada 26 November mendatang.

Saat ini puluhan ribu petani India bergelut dengan utang lantaran lahan yang mereka tanami dilanda berbagai masalah, termasuk kekeringan, sulitnya irigasi, penurunan produktivitas, dan kurangnya modernisasi.