Anak-anak Mandala Shoji Mulai Bertanya Kemana Ayah Mereka

Mandala Abadi Shoji
Sumber :
  • VIVA/ Reza Fajri.

VIVA – Setelah menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, Mandala Abadi Shoji resmi menjadi tahanan di Lapas Salemba, Jakarta. Ditahannya ayah empat anak ini membuat sang istri, Maridha Deanova Safriana, bingung untuk menjelaskan keberadaan sang suami pada anak-anaknya.

Tangis Mandala Shoji Saat Alami kecelakaan Mobil, Bersyukur Istri Tak Kena Serpihan Kaca

Berbagai alasan disampaikan ke anak-anaknya yang tidak mengetahui keadaan sang ayah. Maridha mengaku sedih, terlebih dengan kebiasaan sang suami yang selalu membacakan salawat pada anak keempat mereka yang masih balita.

"Anak tuh enggak ada yang ngerti kejadian ini. Jadi anakku pertama tahunya bapaknya di pesantren, yang kedua nanyanya, 'kenapa ayah itikaf lama banget apa karena aku nakal? makanya ayah enggak mau pulang, kok ayah itikaf terus,’" kata Maridha menirukan pertanyaan sang anak. 

Imbas Alami Kecelakaan Mobil, Mandala Shoji Putuskan Tak Mudik Lebaran Tahun Ini

"Terus anak yang ketiga dia enggak tahu apa-apa dia cuma nanya ayah mana, ayah kapan pulang. Kalau yang nomor empat rewel. Karena dia kan bayi masih enam bulan, kalau malam dia selalu disalawatin sama bapaknya. Sekarang enggak ada, bapaknya enggak bisa salawatin," lanjutnya saat berada di kawasan Mampang, Jakarta, Senin, 18 Februari 2019.

Dengan keadaan seperti itu, Maridha akhirnya terus memutar rekaman suara Mandala saat bersalawat di dekat anak bungsunya.

Kronologi Kecelakaan yang Dialami Mandala Shoji, Istri dan Anak, Mobil Ringsek Parah

"Terus aku putarin rekaman bapaknya salawat. Dia baru bobo setelah dengar rekaman bapaknya salawat. Enggak ada yang ngerti sama kejadian ini. Belum ada yang paham," tuturnya.

Berdasarkan permintaan Mandala pun, Maridha memang tidak diizinkan untuk menjelaskan hal yang sedang menimpa sang suami pada anak mereka.

"Kata bapaknya enggak usah dijelasin. Jelasin saja bapaknya itikaf, bapaknya lagi berdakwah. Karena hal-hal konkret mereka belum nangkep, masih di bawah tujuh tahun. Biarkan mereka berpikir bapaknya ibadah, bapaknya itikaf. Masa kita harus menyakiti perasaan anak-anak kecil enggak mungkin kan," tutur Maridha. (zho)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya