Kasasi MA Perberat Hukuman Ridho Rhoma

Ridho Rhoma
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Mahkamah Agung (MA) memperberat hukuman penyanyi dangdut Ridho Roma. Sebelumnya, pihak kejaksaan melakukan banding atas putusan PN Jakarta Barat pada 18 September 2018 yang menjatuhkan pidana pada Ridho 10 bulan serta rehab medis dan sosial selama 6 bulan 10 hari di RSKO Cibubur.

Penuh Teka-teki, Ini Fakta Pernikahan Ridho Rhoma yang Masih Diragukan

“MA menolak dan memperbaiki putusan pengadilan tingkat pertama, hukumannya ditambah. Menurut majelis hakim kasasi putusan judex facti perlu diperbaiki, perbaikan mengenai kualifikasi tindak pidananya dan lamanya pidana yang dijatuhkan kepada terdakwa,” kata Ketua Bidang Humas MA, Abdullah saat dikonfirmasi, Senin, 25 Maret 2019.

Abdullah menjelaskan MA memperbaiki kualifikasi kejahatannya menjadi penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri. Lewat putusan kasasi Nomor 570 K/PID.SUS/2019, MA memperberat hukuman Ridho Rhoma menjadi 1,5 tahun penjara.

Kisah Nabi Ibrahim Mantapkan Daniel Mananta, Elly Sugigi Janji Gak Nikah Lagi

"Jadi meski terdakwa telah menjalani rehabilitasi namun dia harus masuk penjara lagi untuk menjalani sisa pidananya sesuai putusan Mahkamah Agung (MA) pada tingkat kasasi," tegasnya.

Salah satu pertimbangan majelis adalah untuk menghindari disparitas pemidanaan terhadap tindak pidana yang sama dan sejenis. Kasasi ini diputus oleh Majelis Hakim Agung Andi Samsan Nganro dengan anggota majelis Margono dan Eddy Army.

Elvy Sukaesih Hapus Unggahan Soal Pernikahan Ridho Rhoma, Kenapa?

Sebelumnya, Ridho tertangkap menyimpan sabu seberat 0,7 gram pada 25 Maret 2017. Ia divonis 10 bulan pada 19 September 2017. Ridho sendiri telah mengakhiri masa rehabilitasinya pada pada 26 Januari 2018 di RSKO Cibubur. (row)

Pesinetron Ammar Zoni

7 Artis Berkali-kali Terjerat Kasus Narkoba, Terbaru Ammar Zoni

Beberapa artis berulang kali terlibat kasus narkoba yang menghebohkan dunia maya dan kasus terbaru datang dari aktor Tanah Air, Ammar Zoni yang ditangkap di Sentul, Bogor

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2023