Blackpink Kalahkan BTS dalam Daftar Selebriti Korea Paling Berpengaruh

Blackpink
Sumber :
  • YG Entertainment

VIVA – Forbes dikenal sebagai majalah bisnis terkemuka dan sering membuat daftar apresiasi bagi sosok yang memberikan pengaruh positif paling besar di seluruh dunia. Majalah asal Amerika ini baru saja merilis Korea Power Celebrity Ranking tahun 2019. Peringkat ini mengurutkan nama-nama selebriti dari yang paling berpengaruh berdasarkan prestasi, popularitas, pendapatan, dan profesionalitas mereka.

So Sweet, Jin BTS Diberi Kejutan Manis oleh ARMY Jelang Ulang Tahun

Yang menarik, kriteria seleksi sedikit diubah tahun ini dengan adanya kehadiran media sosial dan paparan media. Ini menjadi keuntungan untuk Blackpink karena masing-masing dari anggota girlband, yakni Jisoo, Rose, Jennie, dan Lisa memiliki akun Instagram pribadi dengan jumlah pengikut yang bombastis. Dibanding BTS, penampilan Blackpink di televisi Korea juga lebih konsisten.

Peringkat pertama diraih oleh grup asuhan YG Entertainment, Blackpink. Pelantun Kill This Love itu sukses mengalahkan idola K-Pop lainnya seperti BTS, yang berada di posisi kedua, Wanna One di posisi ketiga, Kang Daniel di posisi keempat, dan Red Velvet di posisi kelima.

Keseruan Ayu Ting Ting dan Bilqis Nonton Konser BTS di Amerika

Kemenangan Blackpink ini didasarkan pada grafik gabungan dari seluruh platform musik di Korea dan media sosial. Seperti gambar di atas melansir Allkpop pada Senin, 29 April 2019, kategori individual diduduki artis lain yaitu Park Nae Rae yang berada di peringkat #1 dalam kategori kegiatan siaran, dan BTS memimpin untuk kategori pendapatan dan paparan media.

Selain dari ranah musik, daftar itu juga diisi oleh nama-nama dari kalangan olahraga, seni, film, dan lainnya. Penyanyi trot, Hong Jin Young menduduki peringkat 7, lalu aktris Han Ji Min di peringkat ke-8, diikuti oleh atlet Son Heung Min, serta boygroup EXO di peringkat 10. (tsy)

Daftar Lengkap Pemenang Asia Artists Awards 2021, BTS Menang Daesang

Penulis: Yasmin Karnita

BTS menjadi duta kampanye UNICEF sejak tahun 2017. Sumber: Website resmi UNICEF

Pengaruh Positif Fandom Idol BTS dalam Kegiatan Sosial

Budaya fandom K-pop berdampak positif pada aktivisme sosial dan politik. Mereka juga memiliki pengaruh kuat pada perubahan sosial.

img_title
VIVA.co.id
30 Januari 2023