Legenda Hollywood Doris Day Meninggal Dunia

Doris Day
Sumber :
  • instagram.com/timzeleny

VIVA – Akris legendaris dan ikon Hollywood yang terkenal pada era 50 hingga 60-an, Doris Day meninggal dunia. Dia menghembuskan napas terakhir pada usia 97 tahun.

Han So Hee Foto Bareng Natalie Portman: Mimpi Menjadi Kenyataan

Doris Day Animal Foundation menyatakan bahwa aktris, penyanyi dan aktivis itu meninggal pada Senin pagi, 13 Mei 2019 di rumahnya di Carmel Valley, California dengan dikelilingi sahabat-sahabatnya. Day selama ini diketahui memiliki kesehatan yang sangat baik hingga baru-baru ini didiagnosa mengidap pneumonia serius.

Dikutip dari The Independent, salah satu aktris besar di masanya itu dahulunya dikenal dalam sejumlah film klasik, seperti Calamity Jane, Pilow Talk dan Love Me or Leave Me. Dia juga menyanyikan Que Sera Sera sebagai original lagu karya Alfred Hitchcock, The Man Who Knew Too Much.

Penampilan Salma Hayek dengan Gaun Gucci Menerawang di Golden Globes 2023

Lagu tersebut memenangkan Oscar pada tahun 1956 sebagai Best Original Song, yang kemudian menjadi tema sitkom Day The Doris Day Show. Sebagai aktris, dia pernah dinominasikan sebagai Aktris Pendukung Terbaik di Academy Awards 1960 untuk penampilannya di Pillow Talk bersama Rock Hudson.

Terlahir sebagai Mary Ann Von Kappelhoff pada bulan April 1922, Day tampil perdana sebagai penyanyi profesional pada usia 15 tahun. Hit pertamanya berjudul Sentimental Journey, yang dirilis pada tahun 1945 dan menjadi lagu homecoming tak resmi bagi banyak tentara Amerika yang berperang di Perang Dunia II.

Sandra Bullock Mundur dari Hollywood Demi Urus Anak Angkatnya

Sementara lagu Embraceable You yang dinyanyikan Day membuat penulis lagu Styne dan Sammy Cahn merekomendasikan dia ke Warner Bros sebagai pemeran utama dalam Romance on the High Seas. Dan Day berhasil membuat sutradara Michael Curtiz terkesan, sehingga Day melakukan debut layar lebar pada tahun 1948.

Dari sana, Day menandatangani kontrak banyak film dengan Warner Bros dan membintangi film Calamity Jane, Lucky Me, dan Young at Heart. Di film terakhir, dia beradu akting dengan Frank Sinatra. Dia mencetak film paling sukses Love Me or Leave Me pada tahun 1955.

Pada akhir tahun lima puluhan hingga awal enam puluhan menjadi periode paling sukses baginya, di mana dia membintangi tiga film box office dengan Hudson. Day juga berkolaborasi dua kali dengan James Garner dalam The Thrill of It All dan Move Over, Darling pada tahun 1963.

Namun kesuksesannya sebagai bintang Hollywood membuat Day justru terjerat banyak utang karena suami ketiganya, Martin Melcher menghabisi hasil jerih payahnya. Setelah Martin meninggal pada tahun 1968, Day terpaksa beralih menjadi bintang televisi dan pembawa acara The Doris Day Show hingga 1973.

Day kembali menjadi bintang televisi pada tahun 1985 sebagai pembawa acara Doris Day's Best Friends sebanyak 26 episode dan tidak pernah lagi muncul dalam film. Terakhir dia muncul dalam komedi romantis pada tahun 1968 berjudul With Six You Get Eggroll.

Setelahnya, dia fokus pada hak-hak binatang dan menjadi aktivis kesejahteraan. Day kemudian menjadi sangat tertutup, dan terakhir muncul di depan umum 30 tahun yang lalu untuk menerima penghargaan di Golden Globe 1989.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya