Gowes Sepeda Jakarta-Bali, Nirina Zubir Dapat Banyak Ilmu

Nirina Zubir dalam acara gowes bareng dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Dwi Royanto

VIVA – Apabila banyak orang memilih berkumpul bersama saudara dan kerabat di rumah atau tempat-tempat wisata pada libur Hari Raya, tidak demikian dengan presenter dan pemain film Nirina Zubir. Ia justru mengajak keluarganya bersepeda menempuh jarak 1200 kilometer (km) dari Jakarta ke Bali.

Rayakan 50 Tahun Indomie, Ratusan Peserta Gowes Ramaikan GOCAPAN Indomie

Lewat perjalanan ini, Nirina mengaku mendapat banyak pelajaran. Ia jadi memiliki 'rasa' lagi tentang kehidupan.

"Dengan sepedaan kita jadi bisa menghirup apa yang kita hirup, kapan pun mau berhenti ya berhenti," kata Nirina saat ditemui di kawasan Monas Jakarta, Minggu 23 Juni 2019.

Nirina Zubir Cerita Riwayat Sakit Sang Ayah yang Kini Berpulang

Selain itu, selama perjalanan ia juga jadi tahu bagaimana beratnya perjalanan mudik seseorang, melewati jalanan yang hancur dan jalur yang menanjak hingga berkelok.

Kejadian yang berkesan bagi Nirina adalah ketika ia bertemu pemudik dari Bantar Gebang Bekasi menuju Pekalongan (Jawa Tengah) dengan bersepeda seorang diri. Yang mengejutkan, pemudik itu masih duduk di bangku SMA.

Nirina Zubir Antar Ayah ke Peristirahatan Terakhir

"Dia membuat saya jadi berpikir, kenapa di usia saya yang menjelang 40 ini baru berani. Selama ini ternyata saya enggak ada apa-apanya karena banyak pemudik menggunakan sepeda, salut dengan mereka selain gigih, mereka punya motivasi yang kuat,"  tutur Nirina.

Dia membutuhkan waktu 12 hari untuk mencapai Bali. Dengan begitu, setiap harinya ia harus mengayuh sekitar 100 km. Untuk dapat menempuh jarak itu,  Nirina pun melakukan persiapan fisik dengan core training yang melatih perut dan kekuatan kaki. (ren)

Ilustrasi bersepeda/olahraga.

Gowes Jakarta-Malang Dimulai, Mau Menginspirasi Lansia agar Tetap Aktif

Mengambil rute Jakarta – Bandung – Purwokerto – Yogyakarta – Trenggalek – Malang, akan ada titik pemberhentian setiap 200 km. Gowes ini ditargetkan rampung dalam 5 hari.

img_title
VIVA.co.id
31 Desember 2023