Donnie Yen Pernah Hidup Cuma dengan Uang Rp100 Ribuan

Donnie Yen
Sumber :
  • Instagram/donnieyenofficial

VIVA – Donnie Yen, aktor legendaris Hong Kong, siap kembali lewat film Ip Man 4. Franchise ini membawa kariernya melejit, bahkan kini tak lagi dibayang-bayangi oleh Jet Li dan Jackie Chan, dua bintang besar yang mendunia karena kung fu-nya.

Tiga Rekomendasi Film Mandarin dari Morgan Oey

Aktor 55 tahun ini mengenang masa sulit di awal kariernya. Dalam wawancara dengan Taiwan GQ, Donnie mengungkap bahwa dia tak pernah putus asa, meski dulu hanya punya uang HK$100 atau sekitar Rp178 ribu (kurs saat ini) saat hendak masuk ke industri film Hong Kong.

Untuk menghemat, Donnie mengaku hanya makan dan minum dari apa yang disediakan kru di lokasi syuting. Usahanya makin berat, karena ada persaingan dengan Jet Li dan Jackie Chan yang makin ketat.

Di Tengah Corona, Artis-artis China Tampil Bangga di Premier Mulan

"Jangan pernah menyerah," kata Donnie di Instagramnya.

Aktor ini pun perlahan membangun namanya di dunia perfilman lewat film-film laga bela diri, seperti Kill one - S.P.L. (2005) dan Flash Point (2007). Namun, franchise Ip Man yang dimulai pada 2008, menjadi pemantik melesatnya karier Yen.

Aktris Mulan, Liu Yifei Kabarkan Kondisi Keluarganya di Wuhan

"Kini, aku melihat masa lalu dengan senyuman," kata Donnie lagi, yang mengaku lebih ingin fokus pada masa depannya.

Donnie pun mengatakan, saat ini, dia tak punya ambisis untuk menguasai apa-apa, termasuk film kung fu. Namun, jika bicara tentang adegan laga kontemporer, Donnie merasa masih banyak yang bisa dieksplorasi dari seni bela diri khas China tersebut.

"Aku merasa, masih banyak pengetahuan tentang harmonisasi penggunaan seni bela diri dan teknik sinematik yang masih ingin aku tunjukkan," ujarnya dalam wawancara lain. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya